FIFA

Blatter Ibarat Al Capone di Film The Untouchables

Rendy Renuki H    •    30 Mei 2015 12:11 WIB
liga dunia
Blatter Ibarat Al Capone di Film <i>The Untouchables</i>
Presiden FIFA, Sepp Blatter (Foto: MICHAEL BUHOLZER / AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sepp Blatter kembali menjabat Presiden FIFA periode 2015--2019 usai terpilih pada kongres FIFA ke-65 di Zurich, Swiss, Jumat 29 Mei lalu.

Pro-kontra yang mewarnai terpilihnya kembali Blatter mengundang banyak tanggapan dari berbagai kalangan. Termasuk Djoko Susiso yang merupakan mantan Duta Besar RI untuk Swiss.

Djoko mengungkapkan dalam tulisannya jika Blatter diibaratkan seperti tokoh Al Capone. Seorang gangster Amerika yang terkenal lewat film The Untouchables. Bukan tanpa alasan, Djoko menilik tulisan Andrew Neill, salah seorang wartawan senior Inggris dalam bukunya yang berjudul Foul.

"Neill mencontohkan, meski Blatter sehari-hari tinggal di Zurich, alamat KTP-nya tercatat di Kota Appenzell, sebuah kota kecil yang cukup jauh dari Kantor FIFA," tulis pria yang menjabat sebagai Duta Besar Indonesia di Swiss periode 2010--2014 di koran Media Indonesia.

"Mengapa dia memilih menuliskan alamatnya di kota kecil Appenzell? Alasannya sederhana saja, untuk urusan pajak penghasilan. Sebab, jika dia menuliskan alamat KTP-nya sesuai tempat tinggalnya di Zurich, dia harus membayar pajak jauh lebih tinggi," lanjut mantan anggota Tim 9 bentukan Menpora Imam Nahrawi ini.

Menurut Djoko, Blatter yang kabarnya bergaji sekitar 5 juta franc Swiss per tahun pun masih sering memanfaatkan jabatannya untuk kepentingan pribadi. Blatter yang telah menjabat Predisen FIFA sejak 1998 lalu ini masih sering meminta uang tiket, sewa apartemen, dan belanjaan pacarnya dibayar oleh FIFA.


(REN)