Snorkeling Asyik di Tengah Terjangan Ombak Pantai Nglambor

Patricia Vicka    •    30 Mei 2015 12:22 WIB
pantai grajagan
Snorkeling Asyik di Tengah Terjangan Ombak Pantai Nglambor
Foto: Snorkeling di Pantai Nglambor / Metrotvnews.com / Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki banyak pantai indah yang membentang di sebelah selatan provinsi.

Pantai-pantai indah Yogyakarta yang kebanyakaan berada di Kabupaten Gunung Kidul memang telah terkenal keindahannya hingga ke mancanegara. Salah satu pantai yang sedang naik daun dan unik di kabupaten ini adalah Pantai Nglambor.

Pantai baru ini mulai naik daun dan terkenal di kalangan wisatawan lokal  karena memiliki keunikan dan kekhasan yang tak dimiliki pantai Yogyakarta lainnya. Di pantai ini, pengunjung bisa berenang dan snorkeling melihat keindahan biota laut.

Foto: Pantai Nglambor / Metrotvnews.com / Patricia Vicka 
 
Kuatnya terjangan ombak serta bentuk pantai yang sebagian besar adalah pantai karang membuat pantai-pantai di Yogyakarta tak bisa dibuat berenang, apalagi melakukan kegiatan snorkeling.

Pantai Ngalmbor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Pantai kecil ini berbentuk teluk mungil yang diapit dua bukit kecil di kiri dan kanannya. Panjang garis pantainya tidak luas, hanya sekitar 50 meter saja. Karena diapit dua bukit inilah terjangan ombak dipantai tidak terlalu besar dan aman untuk berenang.

Di pantai berpasir bersih ini pengunjung bisa puas main snorkeling dengan rasa aman karena diawasi penjaga pantai. 

Saat menyeburkan diri ke dalam pantai, pengunjung akan mendapatkan sensasi unik snorkeling yang luar biasa seru. Anda akan merasakan sensasi kuat gelombang ombak pantai Nglambor yang cukup keras. Badan anda akan terasa diombang-ambingkan ombak lautan. 


Foto: Pantai Nglambor / Metrotvnews.com / Patricia Vicka 

Jika ombak sedang kuat, tubuh anda akan terasa diputar-putar ombak dan dibawa kembali ke tepi pantai. Jangan heran, jika sedang snorkeling anda tiba-tiba bisa kembali berada di tepi pantai. 

Anda harus sering-sering berenang ke tengah pantai jika ingin melihat pemandangan indah Biota Laut. Bagi yang bernyali besar, anda bisa mencoba melawan arus ombak dan bertahan di tengah seretan ombak Samudra Hindia.

 Untuk dapat melihat keindahan biota laut, Anda tak perlu berenang jauh. Dari jarak 10 meter dari tepi pantai, anda sudah dapat melihat keindahan karang dan warna-warna ikan laut di dalamnya. Jika anda membawa roti atau makanan ikan, anda bisa mencoba memberi makan ikan yang ada di dalam laut. ikan-ikan kecil akan ramah mendekati anda begitu makanan di lepaskan.

Cukup dengan mengeluarkan kocek Rp 50.000, Anda bisa mendapatkan pakaian dan perlengkapan snorkling lengkap dan tambahan jasa pemandu dan penjaga pantai selama anda berenang. Sehingga anda tak perlu was-was akan hilang saat berenang. Bonusnya, sang pemandu bisa mengabadikan moment anda di dalam keindahan biota laut dengan camera bawah air miliknya.

Sayangnya snorkeling hanya bisa dilakukan di waktu-waktu tertentu saja, yakni disaat air laut sedang surut dan ombak tak besar. Namun jika ombak sedang besar, kegiatan snorkeling ditutup untuk sementara dan diganti dengan kegiatan berselancar (surfing).

Karena baru dibuka, pantai ini masih bersih, alami dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan disekitar pantai pun masih minim tempat makan dan tempat istirahat. Fasilitas toiletnya pun sederhana.

Sayangnya jalan menuju pantai dari jalan raya masih sulit dilalui oleh kendaraan roda empat biasa. Jalanan menuju pantai masih berbentuk tanah dan batu yang permukaannya tidak rata, naik turun dan cukup mengerikan jika dilewati motor biasa. 

Diperlukan mobil off road 4WD atau berjalan kaki selama 15 menit untuk bisa mencapai pantai. Tapi tak perlu khawatir, karena ada ojek dari warga sekitar yang bisa anda sewa untuk mengantar ke pantai dengan harga Rp 10.000 sekali jalan.


Foto: Pantai Nglambor / Metrotvnews.com / Patricia Vicka 

Fransisca, salah seorang pengunjung pantai Nglambor mengatakan dirinya puas dan senang berkunjung ke pantai kecil ini. "Pantainya masih bersih, belum banyak sampah dan pengunjungnya. Saya bisa bebas melihat ikan berenang bolak-balik di depan saya," tutur bule asal Jerman ini.

Ia belum pernah merasakan sensai snorkling ditengah gulungan ombak. "Kalau di pantai lain, saya snorkeling di tengah ombak yang tenang. Kalau di sini beda. Lagi asyik snorkeling badan berasa terseret arus, saya harus rajin-rajin berenang lagi. Jadi sekalian olah raga," ucapnya.

Dari kota Yogyakarta, pantai Nglambor ditempuh selama dua jam dengan menggunakan kendaraan roda empat. Walau terasa jauh dan jalanan berliku, namun keindahan dan sensasi snorkeling Pantai Nglambor dijamin membuat anda puas dan ketagihan.
(AWP)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

5 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /