Pemilik Kapal Pembawa Pengungsi Rohingya Ditangkap Myanmar

Fajar Nugraha    •    30 Mei 2015 13:38 WIB
rohingya
Pemilik Kapal Pembawa Pengungsi Rohingya Ditangkap Myanmar
Foto: wired

Metrotnews.com, Yangon: Seorang pemilik kapal yang menjadikan kapalnya sebagai alat bagi para pengungsi untuk melarikan diri dari Myanmar, berhasil ditangkap pihak berwenang setempat.
 
Pria berkewarganegaraan Thailand itu, ditahan di Yangon. Tersangka berusia 53 tahun tersebut merupakan pemilik kapal yang membawa 200 pengungsi Rohingya. 
 
Menurut surat kabar Global New Light of Myanmar, penangkapan ini merupakan buah kerja sama antara pihak Kepolisian Myanmar dan Thailand. Tersangka sendiri diketahui banyak menggunakan nama samaran.
 
Pihak Myanmar menegaskan bahwa nama dari tersangka itu adalah Naingnutpatunsantun dan berasal dari Provinsi Ranong.
 
"Dia diketahui melakukan kontak dengan kelompok penyelundup manusia di Bangladesh dan menyelundupkan manusia masuk ke Thailand dan Malaysia," ungkap laporan Global New Light of Myanmar, seperti dikutip AFP, Sabtu (30/5/2015).
 
Namun tidak diketahui kapan penangkapan itu terjadi. Polisi juga tidak menjelaskan apa dakwaan yang diarahkan kepada tersangka.
 
Sebelumnya, Angkatan Laut Myanmar berhasil menyelamatkan sekitar 200 orang pengungsi pada awal Mei ini. Mereka menumpang kapal nelayan kayu yang terdaftar dari Thailand.
 
Ini merupakan penyelamatan pertama yang dilakukan AL Myanmar sejak meningkatkan tekanan untuk mengatasi gelombang eksodus warga etnis Rohingya. 
 
Ribuan pengungsi Rohingya dan Bangladesh masuk ke perairan Indonesia, Malaysia dan Thailand untuk menyelamatkan diri dari Myanmar. 3.500 dari para pengungsi itu saat ini berada dalam penampungan di Indonesia dan Thailand.
 
Malaysia merupakan negara tujuan dari para pengungsi. Pada Jumat (29/5/2015) AL Myanmar kembali menyelematkan 727 pengungsi, di wilayah Delta Irrawady. Namun Myanmar tetap menolak menyebutkan mereka sebagai etnis Rohingya, melainkan 'Bengali'.



(FJR)