Kemenangan Iggy Azalea di Billboard Music Awards Dianggap Tidak Sah

Nia Deviyana    •    30 Mei 2015 15:10 WIB
iggy azalea
Kemenangan Iggy Azalea di Billboard Music Awards Dianggap Tidak Sah
Foto: Iggy Azalea / fnewsen.com

Metrotvnews.com, Los Angeles: Kemenangan Iggy Azalea di ajang Billboard Music Awards 2015 menuai kontroversi.

Sebuah petisi di change.org meminta pihak Billboard menarik kembali piala yang telah diberikan kepada penembang Fancy itu. Demikian seperti dilansir USA Today, Sabtu (30/5/2015).

Seperti diketahui, Iggy mendapat tiga penghargaan untuk ajang tersebut, yakni untuk kategori Top Streaming Artist, Top Rap Artist, dan Top Rap Song lewat lagu Fancy. 

Namun, ribuan orang menyebut kemenangan Iggy di kategori Top Rap Song tidak sah. Hingga kini, tercatat ada 21.661 orang yang telah menandatangani petisi tersebut.

Ada alasan yang membuat kemenangan rapper wanita asal Australia ini dianggap tidak sah. Sebelum ajang ini digelar, pihak Billboard pernah menyatakan, periode lagu untuk nominasi adalah lagu yang dirilis sejak 10 Maret 2014 hingga 10 Maret 2015. Sementara lagu Fancy, dirilis pada 17 Februari 2015.

"Ini tidak adil untuk nominasi lainnya, terutama untuk singel Anaconda milik Nicki Minaj, yang kemungkinan besar akan menang jika Fancy tak diikutsertakan. Billboard tidak mengikuti pedoman mereka sendiri, dan wajib menghitung ulang nominasi tanpa Fancy," demikian isi petisi itu.

Di sisi lain, pihak Billboard membenarkan aturan periode tersebut. Namun, mereka bersikeras menyatakan lagu Fancy pantas dinominasikan, melihat penjualan album fisik maupun digital yang cukup tinggi, serta frekuensi pemutaran di radio yang cukup sering.

Meski sudah ada pernyataan dari Billboard, hingga kini Iggi Azalea masih belum memberikan komentar terkait hal tersebut.


(AWP)


Video /