Bupati Cirebon: Perusahaan Tak Alirkan CSR Bisa Ditutup

Sobih AW Adnan    •    30 Mei 2015 17:38 WIB
bisnis
Bupati Cirebon: Perusahaan Tak Alirkan CSR Bisa Ditutup
Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadi, istimewa

Metrotvnews.com, Cirebon: Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadi, akan menindak perusahaan-perusahaan di wilayahnya yang membandel dengan tidak menyalurkan dana sosial atau Corporate Social Responsibilty (CSR). Menurutnya, CSR merupakan salah satu dukungan penting pihak pengusaha bagi masyarakat di lingkungan sekitarnya.

“Bagi yang membandel akan kami beri tindakan sedikit demi sedikit, kalau tetap masih bandel, ya, kita tutup,” tegas Sunjaya saat ditemui Metrotvnews.com dalam acara peresmian perusahaan pakan ternak di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (30/5/2015).

Menurut Sunjaya, selama ini penyaluran dana CSR di daerahnya mendapatkan pantauan serius dari Pemerintah Kabupaten Cirebon. Diakui Sunjaya, dana CSR tersebut belum secara keseluruhan disalurkan melalui pemerintah daerah.

“Sebagian masih menyalurkan secara langsung ke masyarakat dampingan. Tapi yang terpenting adalah untuk masyarakat sekitarnya,” ucap Sunjaya.

Sementara selain kepada masyarakat sekitar, Sunjaya menjelaskan bahwa penyaluran dan CSR bisa dilakukan dengan ragam lain, bisa ke arah pembenahan lingkungan maupun pelayanan umum.

“CSR itu yang diutamakan untuk masyarakat sekitar, tapi bisa juga untuk semacam perbaikan iklim udara untuk mengimbangi dampak perusahaan, contohnya penanaman pohon di sekitar wilayah industri, bisa juga disalurkan dalam bentuk pelayanan umum untuk masyarakat,” kata Sunjaya.
 


(RRN)


Video /