Mengapa Sel Kanker Bisa Hidup Kembali? Ini Jawabannya

   •    30 Mei 2015 17:48 WIB
penyakit
Mengapa Sel Kanker Bisa Hidup Kembali? Ini Jawabannya
Foto: vitaportal.ru

Metrotvnews.com: Penelitian yang baru-baru ini dilakukan telah membantu menjelaskan mengapa penyakit kanker bisa kembali setelah pasien dinyatakan sembuh total. Penemuan ini menawarkan harapan baru bagi pasien yang menderita kanker.

Para peneliti mengatakan jika sel-sel kanker dapat melepaskan diri dari efek kemoterapi dengan membuat dirinya 'tertidur'. Akibatnya, penyakit yang sama akan kembali terjadi saat sel-sel kanker tersebut 'bangun' dikemudian hari.

Temuan dari Institute of Cancer Research, diharapkan bisa memungkinkan membasmi sel-sel kanker yang 'tertidur' ini, dengan membangunkannya dan membunuh mereka secara bersamaan dengan sel kanker lainnnya.

"Kami pikir dengan penemuan ini, kami bisa selangkah lebih dekat untuk mengatasi sel kanker yang kembali hidup," ujar Prof. Mel Greaves, Direktur Pusat Institut Evolusi dan Kanker, seperti yang dilansir Daily Mirror.

Tim Prof. Greaves sebelumnya telah mempelajari pasien leukemia yang kembali terkena penyakitnya setelah 21 tahun dinyatakan sembuh. Mereka menemukan sel-sel kanker yang terbangun pada pasien serupa dengan kelompok yang menyerang sebelumnya.

"Ini memberikan bukti mencolok dari evolusi kanker dalam memberi tindakan akan sel-sel kanker yang dapat tertidur untuk menghindari pengobatan, dan kemudian menumpuk mutasi baru hingga mampu membuat serangan baru dari penyakit," kata Prof Greaves.

Menurut Prof Greaves, sel induk darah secara teratur akan berfluktuasi antara menjadi aktif atau 'tertidur' dan membagi dengan sangat cepat. Sehingga tampaknya sel-sel kanker hanya meminjam trik ini untuk menghindari dibunuh oleh kemoterapi.

Sementara itu, peneliti di Meksiko mengatakan dengan racun mematikan kalajengking dapat digunakan untuk melawan kanker. (Sumarni)


(AWP)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

1 day Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /