Wali Kota Solo: Negara Tidak Boleh Tunduk kepada FIFA

Pythag Kurniati    •    31 Mei 2015 12:52 WIB
kisruh pssi
Wali Kota Solo: Negara Tidak Boleh Tunduk kepada FIFA
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo pada penyelenggaraan hari jadi Solo Car Free Day ke 5 (Foto: Phytag/MTVN)

Metrotvnews.com, Solo: Jatuhnya sanksi induk organisasi sepak bola internasional (FIFA) kepada Indonesia mengundang tanggapan dari berbagai pihak, salah satunya dari Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Mantan komite normalisasi PSSI itu menegaskan, pemerintah Indonesia tidak boleh tunduk dari FIFA karena kredibilitas mereka kurang baik.

Beberapa hari yang lalu, beberapa pejabat FIFA terpaksa diringkus FBI karena tersangkut kasus korupsi. Di antaranya, wakil Presiden FIFA Jeffrey Webb, Jack Warner, Eduardo Li, Julio Rocha, Costas Takkas, Eugenio Figueredo, Rafael Esquivel, Jose Maria Marin, dan Nicolas Leoz. Mereka semua dikabarkan terlibat praktik kotor yang meraup untung hingga USD100 juta lebih. Baca: Daftar Pejabat FIFA yang Ditangkap atas Kasus Korupsi

“Saya menghimbau kepada Menpora (Imam Nahrawi), agar negara tidak boleh tunduk kepada FIFA. Organisasi itu penuh dengan mafia, jadi kenapa harus kita ikuti,” ujar Rudy kepada Metrotvnews.com setelah acara hari jadi Solo Car Free Day ke-5, Minggu, (31/5/2015). 

Seperti diketahui, insiden memalukan tersebut terjadi tidak lama sebelum FIFA menjatuhkan sanksi untuk Indonesia. Isi sanksi itu menyebutkan, Indonesia harus terisolasi dari seluruh kompetisi internasional, kecuali SEA Games 2015, Singapura. Klik: Ini Isi Surat FIFA Terkait Sanksi bagi Indonesia.

Selanjutnya, demi reformasi sepak bola Indonesia yang lebih baik, Hadi menyarankan Kemenpora harus mengawal ketat PSSI dan segera menghidupkan kembali kompetisi tanah air. Ia khawatir korupsi FIFA menular kepada PSSI.   

"Setelah ini Menpora harus melakukan audit kepada PSSI, baik audit aset dan lain sebagainya,” tandas Hadi.


(KAU)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /