Perhelatan JFC ke-14 Lebih Besar dan Beragam

   •    31 Mei 2015 16:33 WIB
fashion
Perhelatan JFC ke-14 Lebih Besar dan Beragam
Persiapan jelang JFC ke-14 (Foto:Prita Laura)

Metrotvnews.com, Jember: "Aku enggak sabar difoto sama fotografer internasional. Rasanya keren fotoku sampai ke dunia."

Itulah celotehan Dessy, remaja 15 tahun yang sudah dua kali menjadi peserta Jember Fashion Carnaval (JFC), ditemui saat launching JFC ke-14 di Alun-alun Jember.

Dessy ikut program pelatihan pembuatan kostum dan make up JFC yang dibuka gratis untuk umum. Pelatihan sudah dimulai sejak Maret, untuk pementasan pada 26-30 Agustus.

Bukan hanya Dessy yang antusias, ribuan anak dari taman kanak- kanak hingga kuliah sibuk mempersiapkan kostum dan berlatih jalan di catwalk jalanan.

Walaupun menggunakan bahan- bahan bekas, biaya pembuatan satu kostum JFC cukup mahal. Berkisar Rp300 ribu hingga Rp3 juta. Biaya itu ditanggung swadaya oleh peserta sesuai desain kostum hasil kreasi peserta.

Selain pelatihan untuk umum, ada juga tujuh sekolah menengah atas yang mengadakan pelatihan kostum dan make up untuk persiapan JFC. Pihak sekolah menanggung biaya pembuatan kostum dari siswa yang terpilih.

Menurut inisiator JFC, Dynan Faridz, perhelatan ke-14 akan digelar lebih besar dan beragam dibandingkan tahun sebelumnya.

Kali ini, dua ribu kostum akan berlaga di catwalk jalanan sepanjang 3,6 kilometer. Pagelaran terdiri dari empat babak Grand Carnival, Art Ware, dan Kids Carnival.

Tahun ini juga akan digelar Exhibition industri kreatif Jember, yang akan memamerkan karya fashion, seni, budaya, dan destinasi wisata di Jember.

Satu lagi rangkaian acara yang berbeda adalah konferensi Carnival International, yang pesertanya datang dari Indonesia dan mancanegara.

"Saya berharap Jember menjadi pusat karnaval dunia," ujar Dynand yang pada 2014, mendapatkan penghargaan sebagai penyelenggara event terbaik se-Indonesia oleh Kementerian Pariwisata.

Sementara, pengusaha hotel Daffam Group Andi Irwan mengatakan bahwa reservasi hotel di Jember sudah hampir penuh saat perhelatan JFC pada Agustus.

"Wisatawan asing yang sudah melakukan reservasi banyak datang dari Taiwan dan negara Eropa. Sebagian besar di antaranya adalah komunitas fotografer," kata Andi. (Prita Laura)


(ROS)

PSG Terkejut Barca Tuntut Kompensasi ke Neymar
Neymar ke PSG

PSG Terkejut Barca Tuntut Kompensasi ke Neymar

41 minutes Ago

Bahkan PSG harus bertanggung jawab atas kompensasi Neymar ke Barcelona…

BERITA LAINNYA
Video /