Afghanistan Ajak Pakistan Bersatu Hadapi Taliban

Willy Haryono    •    31 Mei 2015 17:14 WIB
konflik afghanistan
Afghanistan Ajak Pakistan Bersatu Hadapi Taliban
Presiden Afghanistan Ashraf Ghani (kanan) bersalaman dengan PM Pakistan Nawaz Sharif di Kabul, Afghanistan, 12 Mei 2015. AFP / SHAH MARAI

Metrotvnews.com, Kabul: Presiden Afghanistan Ashraf Ghani meminta Pakistan bertindak lebih tegas dalam menghadapi kelompok militan Taliban. Permohonan ini dilontarkan sang presiden dalam sebuah surat, yang juga meminta adanya kerja sama solid dalam menghadapi terorisme. 

Agensi intelijen kedua negara pada bulan ini telah sepakat bertukar data dan kerja sama untuk memerangi Taliban. Ini merupakan pertanda membaiknya hubungan diplomatik kedua negara yang sempat membeku. 

Aksi Ghani mendapat sejumlah kritik di parlemen dan masyarakat, yang menuding sang presiden bersikap lemah terhadap Pakistan, musuh bebuyutan Afghanistan. 

Dalam surat itu, yang isinya dibagi kepada AFP, Minggu (31/5/2015), Ghani meminta masyarakat dan militer di Islamabad untuk mengutuk aktivitas Taliban. 

Selama ini, sejumlah pejabat Afghanistan kerap menuding Pakistan sengaja melindungi Taliban, yang terlibat perang dengan pasukan lokal dan asing selama 13 tahun terakhir. 

Pendekatan Afghanistan kepada Pakistan dalam perang melawan Taliban dilihat sebagai perubahan besar kebijakan politik pemerintahan sebelumnya, yang menuding Islamabad selalu berusaha mengacaukan Kabul. 



(WIL)


Berburu Buah Tangan nan Murah Khas Rusia

Berburu Buah Tangan nan Murah Khas Rusia

19 hours Ago

Rusia memilki buah tangan yang unik serta menarik untuk menjadi oleh-oleh. Cokelat dan parfum m…

BERITA LAINNYA
Video /