Pelecehan Seksual Meningkat, Anak-Anak Brebes Turun ke Jalan

Kuntoro Tayubi    •    31 Mei 2015 17:36 WIB
pelecehan seksual
Pelecehan Seksual Meningkat, Anak-Anak Brebes Turun ke Jalan
Anak-Anak yang tergabung dalam Forum Anak berunjuk rasa di Brebes. Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Puluhan anak melakukan aksi damai di Brebes, Jawa Tengah. Mereka mendorong pemerintah daerah melindungi hak anak yang terlibat kasus pelecehan seksual.

Ketua Forum Anak Brebes Nur Rofik, 17, mengatakan prihatin dengan keterlibatan anak dalam proses hukum semakin banyak. Mereka menjadi korban atau anak berhadapan dengan hukum (ABH) maupun anak yang berkonflik dengan hukum (AKH) atau anak sebagai pelaku.

“Seperti kasus yang baru terjadi di Brebes. Ada dua anak jadi pelaku pelecehan seksual dan korbannya juga masih di bawah umur,” kata Rofik, usai orasi di alun-alun Brebes, Minggu (31/5/2015).

Ia meminta pemerintah kabupaten serius memenuhi hak anak di Brebes dengan memaksimalkan peraturan perlindungan anak. Apalagi Brebes sudah memiliki aturan khusus dalam Peraturan Daerah Nomor 4 tahun  2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak.

Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan (BKBPP), pemerintah Kabupaten Brebes, Rini Pujiastuti, mengatakan saat ini pelecehan seksual yang melibatkan anak di Brebes mencapai 75 persen.

“Sangat mengkhawatirkan. Dalam waktu dekat kami juga akan membentuk Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) untuk melindungi perempuan dan anak di tingkat desa,” ujar Rini.

Pada 2014 jumlah kasus kekerasan terhadap anak di Brebes mencapai 29 kasus. Untuk kasus pelecehan seksual terdapat 32 kasus. Dan pada tiga bulan pertama pada 2015, kasus yang menimpa anak mencapai 17 kasus serta pelecehan seksual 11 kasus.
 


(UWA)

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

10 hours Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /