Pemerintah Tetapkan 10 Proyek Infrastruktur Prioritas di 2015

Antara    •    31 Mei 2015 18:18 WIB
infrastruktur
Pemerintah Tetapkan 10 Proyek Infrastruktur Prioritas di 2015
Ilustrasi -- MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Berkaca pada tingkat kesuksesan (success rate) proyek-proyek infrastruktur sebelumnya yang kurang memuaskan, pemerintah telah menetapkan 10 proyek infrastruktur quickwins atau prioritas yang pembangunannya harus dimulai tahun ini.

Berdasarkan data resmi yang dihimpun, secara kumulatif nilai investasi dari 10 proyek ini lebih dari Rp220 triliun. Mayoritas dari 10 proyek ini juga menggunakan skema pendanaan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Deputi Sarana dan Prasarana Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Dedy S. Priatna mengatakan pencapaian proses dari pembangunan 10 proyek infrastruktur ini akan dirapatkan setiap dua pekan sekali, dan dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Kenapa disebut quickwins, karena 10 proyek ini adalah proyek prioritas yang hasil dan manfaatnya nya akan cepat, kita estimasikan paling lama pembangunan 10 proyek ini lima tahun, artinya semua selesai dalam periode pemerintahan ini," kata Dedy dalam pernyataan dikutip di Jakarta, Minggu (31/5/2015).

Pemerintah juga telah membentuk fokus grup, yang anggotanya berasal dari berbagai instansi seperti Kementerian PPN/Bappenas, Kantor Staf Kepresidenan, Badan Pengawasan Keuangan, dan Pembangunan serta Sekretariat Kabinet.

Dedy mengatakan 10 proyek ini merupakan sarana dan prasarana penting untuk menumbuhkan berbagai sektor perekonomian. Mayoritas dari 10 proyek ini adalah proyek infrastruktur untuk menjamin ketersediaaan energi, konektivitas, dan juga kesehatan.

Lebih lagi, enam dari 10 proyek ini berlokasi di luar Pulau Jawa. Dia mengatakan pemerintah mengupayakan desentralisasi pertumbuhan ekonomi, dengan menciptakan pusat-pusat pertumbuhan baru di luar Jawa.

"Hingga 2019 kita targetkan, kontribusi luar Jawa bisa 45 persen terhadap terhadap Produk Bruto Nasional dari sekarang yang 42 persen. Jawa sekarang 58 persen, menjadi 55 persen," ucap dia.

Proyek listrik dan konektivitas dari proyek quickwins ini diharapkan dapat membantu pengembangan kawasan industri pengolahan di luar Jawa dan menambah produktivitas dengan membuka ratusan ribu lapangan kerja baru.

Di kesempatan terpisah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan fokus grup percepatan infrastruktur ini juga akan memberikan fleksibilitas dalam perubahan regulasi.

"Seperti proyek kereta barang di Kalimantan Timur, bisa saja ada perubahan Peraturan Pemerintah mengenai ketentuan kereta umum dan kereta khusus. Hal penting yang ditekankan adalah realisasi pembangunan infrastruktur itu," ujarnya.

Berikut rincian 10 proyek quickwins tersebut:
1. Proyek pertama adalah pembangunan Kilang Minyak Bontang dengan kapasitas minimum 235 ribu per hari senilai Rp60 triliun. Status lahan untuk proyek ini telah dinyatakan siap. Pendanaan proyek ini menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Lelang untuk penunjukkan KPBU ditargetkan selesai pada Desember 2015.

2. Proyek kedua adalah Pengelolaan Air Minum Semarang Barat dengan nilai investasi Rp765 miliar. Lelang proyek ini akan dilakukan Pemkot Semarang dengan target waktu pekan ketiga Juni 2015.

3. Proyek ketiga adalah Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan investasi Rp11,4 triliun. Pembebasan lahan untuk proyek ini sudah 86 persen. Lelang untuk skema KPBU proyek ini ditargetkan September 2015.

4. Proyek keempat adalah revitalisasi tiga bandara berskala kecil dan menengah. Tiga bandara ini merupakan proyek percontohan dari rencana pengembangan 10 bandara. Revitalisasi tiga bandara ini berlokasi di Bandara Raden Inten II, Lampung, Bandara Mutiara, Palu dan Bandara Labuan Bajo, Komodo. Pemerintah pada awal Juni akan memastikan tiga proyek ini akan menggunakan skema KPBU atau membentuk Badan Layanan Umum.

5. Proyek kelima adalah transmisi listrik 'High Voltage Direct Current' (HVDC) Interkoneksi Sumatera Jawa (ISJ) dengan nilai investasi Rp20 triliun. Finalisasi pengadaan lahan ditargetkan pada kuartal III 2015.

6. Proyek keenam adalah Empat ruas jalan tol Sumatera yakni Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, Pekanbaru-Dumai, dan Bekauheni-Tebanggi Besar. Nilai investasi empat ruas ini mencapai Rp30 triliun. Pemerintah telah menyusun Perpres Nomor 100/2014 untuk pengerjaan empat ruas tambahan yakni Tebanggi Besar-Pematan Panggang, Pematang Panggang-Kayu Agung, Palembang-Tanjung Api-Api dan Kisaran-Tebing Tinggi oleh PT Hutama Karya. Total pelaksanaan proyek delapan ruas ditargetkan Juni 2015.

7. Proyek ketujuh adalah pembangunan Proyek Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang, Jawa Tengah senilai Rp40 triliun dengan kapasitas 2.000 MW. Pembebasan lahan untuk proyek ini belum 100 persen. Segala hambatan dalam proyek ini, seperti pembebasan lahan dan penetapan revisi izin lingkungan ditargetkan selesai awal Juni 2015.

8. Proyek kedelapan adalah kereta api ekspress Bandara Soekarno Hatta dengan nilai investasi Rp24 triliun. Pemerintah menargetkan pada awal Juni sudah melakukan penetapan teknologi dan peralihan tanah BMN pengadaan lahan publik.

9. Proyek kesembilan adalah moda Kereta Api Kalimantan Timur untuk pengangkutan barang. Proyek ini sudah diminati serius oleh investor Rusia. Nilai investasi untuk proyek ini diperkirakan mencapai USD3,5 miliar atau sekitar Rp4,5 triliun. Namun, saat ini masih terjadi perundingan antara investor tersebut dengan Kementerian Perhubungan mengenai status kereta api tersebut apakah kereta api khusus atau kereta api umum. Penentuan status kereta api ini beserta payung hukumnya ditargetkan pada awal Juni 2015.

10. Proyek kesepuluh adalah transmisi listrik di Sumatera sebesar 500 kv senilai Rp35 triliun. Transmisi ini dibutuhkan untuk mengalirkan listrik dari PLTU Sumatera Selatan ke wilayah utara Sumatera. Awalnya proyek ini akan dikerjakan melalui penunjukkan langsung kepada lima BUMN. Namun, karena belum adanya landasan hukum mengenai penunjukkan langsung itu, akhirnya diputuskan menggunakan lelang dengan target Agustus 2015.


(AHL)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

20 hours Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /