Pengetahui Teknis Mobil

Sistem Penggerak 4WD dan AWD, Serupa Tapi Tak Sama

Ekawan Raharja    •    01 Juni 2015 07:07 WIB
teknologi otomotif
Sistem Penggerak 4WD dan AWD, Serupa Tapi Tak Sama
Sistem penggerak 4WD dan AWD, sepintas sama namun kinerja berbeda. Motortrend

Metrotvnews.com, Jakarta: Hingga saat ini, berbagai kemajuan dunia otomotif terus berlangsung. Tidak hanya sisi fitur penunjang saja, namun sistem penggerak kendaraan terus berkembang. Dua buah model penggerak yang digunakan adalah four-wheel drive (4WD) atau biasa disebut 4X4 dan all-wheel drive (AWD)

Banyak orang yang mengira keduanya merupakan sistem penggerak yang sama. Namun nyatanya, kedua jenis penggerak tersebut memiliki perbedaan.

"4WD dan AWD itu mirip namun berbeda. Banyak orang yang mengira bahwa keduanya merupakan mekanisme penggerak yang sama," tutur Dadi Hendriadi, GM of Technical Service PT Toyota-Astra Motor, saat ditemui di Sunter beberapa waktu lalu.

4WD atau juga yang bisa disebut 4x4 adalah istilah yang dipakai pada kendaraan yang memiliki tenaga penggerak pada keempat rodanya. Kendaraan yang memiliki kemampuan 4x4 bertujuan untuk mendapatkan traksi memadai dalam segala kondisi jalan.

Mobil yang biasanya menggunakan sistem penggerak ini, bisa menggunakan sistem penggerak 4x4 atau 2x4, tergantung kondisi jalan dan sesuai kebutuhan. Sedangkan AWD cara kerjanya mirip dengan 4WD namun dia selalu menggunakan sistem 4x4, tidak bisa berubah menjadi 2x4.

Dadi pun memberikan contoh Toyota Fortuner ataupun Land Cruiser menggunakan sistem penggerak 4WD. Sedangkan AWD bisa mengambil contoh mobil-mobil dari Subaru.


(UDA)

Ini Klub yang Ingin Dihindari Juventus di 16-Besar Liga Champions
Jelang Undian Babak 16-Besar Liga Champions

Ini Klub yang Ingin Dihindari Juventus di 16-Besar Liga Champions

1 day Ago

Juventus berpeluang bertemu dengan salah satu dari lima klub Inggris.…

BERITA LAINNYA
Video /