Mensos Khofifah Pastikan Stok Raskin Cukup

Deo Dwi Fajar Hari    •    01 Juni 2015 11:34 WIB
raskin
Mensos Khofifah Pastikan Stok Raskin Cukup
Foto: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat sidak di gudang Bulog Divisi Regional (Divre) Randu Garut, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (31/5/2015)/MTVN_

Metrotvnews.com, Semarang: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan stok beras miskin (raskin) di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) di sejumlah daerah di Indonesia cukup untuk beberapa bulan kedepan. Ini merupakan hasil inspeksi mendadak (sidak) Khofifah ke sejumlah gudang Bulog di beberapa daerah.

Untuk setahun dibutuhkan 2,7 ton raskin senilai Rp18,9 triliun. Setidaknya dari 15,5 juta rumah tangga dialokasikan 15 kilogram raskin per bulan.

"Kemarin saya di Aceh Besar, di sana (raskin) cukup untuk setahun. Minggu lalu ke Makassar, cukup untuk 4,5 bulan. Sebelumnya Manokwari. Setiap kujungan saya berusaha cek gudang (Bulog). Saya ingin pastikan stok raskin aman," kata Khofifah Indar Parawansa usai sidak di gudang Bulog Divisi Regional (Divre) Randu Garut, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (31/5/2015) sore.

Selain memastikan stok raskin mencukupi, Mensos juga memeriksa kualitas raskin yang ada di gudang Bulog. Ia pernah menemukan beras dengan kualitas buruk di salah satu gudang.

"Saya ingin memastikan raskin di Jawa Tengah aman sampai lima bulan kedepan. Sekarang ini masih penggadaan karena Juli panen raya. Kalau biasa temukan (beras) berjamur, di sini (Divre Jawa Tengah) enggak. Tidak kuning, berbatu, dan berkutu. Saya juga pernah temukan seperti itu dan kita komunikasikan dengan Dirut Bulog," ujarnya.

Mensos pun mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan jika menemukan raskin dengan kondisi yang tidak layak dikonsumsi. Penerima raskin dapat mengembalikan ke gudang Bulog.

"Beliau (Dirut Bulog) menyatakan bahwa (raskin) digaransi. Kalau ada raskin yang tidak layak dikonsumsi, tolong dikembalikan ke gudang karena Bulog akan memusnahkannya," kata Khofifah.

Khofifah pun meminta agar Bupati atau Wali Kota segera mengeluarkan Surat Perintah Alokasi (SPA) raskin. Agar raskin didistribusikan sebelum Ramadan dan Idul Fitri.

"Saya ingin dorong bupati, wali kota segera mendorong keluarkan SPA. Gudang divre dan subdivre seluruh Indonesia bisa mendistribusikan di awal Juni supaya yang puasa Ramadan tenang karena stok cukup. Nanti percepatan SPA pada Juli supaya yang mau Lebaran merasa aman," imbuh dia.

Sementara, Kepala Bulog Divre Semarang Sugiarni mengatakan ada delapan gudang Bulog di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Demak, Kabupaten Kendal, dan Kota Salatiga. Saat ini ada 1.200 ton beras di gudang Bulog Randu Garut, Semarang.

"1.200 ton ini untuk empat bulan. Beras yang ada di gudang kami sebanyak 22 ribu ton dari kebutuhan umum 5.500 sampai 5.600 ton tiap bulan," kata Sugiarni.


(TTD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /