JK Takjub dengan Kecepatan Pembangunan Pelabuhan Kalibaru

Dheri Agriesta    •    01 Juni 2015 12:53 WIB
pelabuhan kali baru
JK Takjub dengan Kecepatan Pembangunan Pelabuhan Kalibaru
Suasana pembangunan pelabuhan peti kemas Kalibaru tahap pertama, di Tanjung Priok, Jakarta. ANTARAFOTO/Hermanus Prihatna

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla melakukan sidak pembangunan Pelabuhan peti kemas Kalibaru di Tanjung Priok. JK ingin melihat perkembangan terbaru pembangunan pelabuhan itu.

JK tiba di Pelabuhan Kalibaru bersama Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Susilo. JK dan Indroyono mendapatkan penjelasan tentang pelabuhan ini dari Direktur Teknis PT Pelindo II Feriyaldi Noerlan. JK pun mengapresiasi perkembangan pembangunan yang dinilai lebih cepat daripada mestinya.

"Baru kali ini pembangunan pelabuhan tahap pertamanya lebih cepat dari jadwal. Mudah-mudahan Juli tahap pertamanya, yang 800 meter persegi, sudah selesai semuanya," kata JK di Pelabuhan Peti Kemas Kalibaru, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (1/6/2015).

Pelabuhan ini akan dibangun dengan luas 32 hektare (ha) dan muatan 20 kali lipat dari Pelabuhan Tanjung Priok. Berbeda dengan Tanjung Priok, pelabuhan Kalibaru dibangun di atas permukaan laut. Pelabuhan peti kemas Kalibaru disebut-sebut menjadi pelabuhan terbesar se-Asia Tenggara saat pelabuhan ini selesai nantinya.

Sekadar diketahui, pembangunan tahap pertama pembangunan itu meliputi tiga terminal yang masing-masing bisa menampung peti kemas 4,5 juta TEUs, artinya secara keseluruhan bisa menampung 12,5 juta TEUs.

Sementara itu, tahap kedua terdiri dari pembangunan empat terminal yang masing-masing bisa menampung peti kemas hingga dua juta TEUs, atau total delapan juta TEUs. Total investasi tahap pertama memakan biaya hingga Rp25 triliun dengan luas kawasan sebesar 230 ha.


(AHL)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /