PDIP DIY Siapkan Tiga Kader per Kabupaten di Pilkada Serentak

Ahmad Mustaqim    •    01 Juni 2015 13:27 WIB
pilkada serentak
PDIP DIY Siapkan Tiga Kader per Kabupaten di Pilkada Serentak
Foto: Ketua DPD PDIP DIY Bambang Praswanto memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Kantor DPD PDIP DIY, Senin 1 Juni 2015/MI_Agus Utantoro

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan tiga kader PDIP di setiap daerah yang akan dicalonkan dalam pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak pada Desember mendatang. Ada tiga kabupaten di Provinsi DIY yang akan mengikuti Pilkada serentak yakni Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, dan Kabupaten Sleman.

"Putusan ada di DPP (Dewan Pimpinan Pusat). Kami tidak mau terburu-buru. Saat ini, kami sudah mengusulkan dan menyampaikan nama," kata Ketua DPD PDIP DIY Bambang Praswanto di Yogyakarta, Senin (1/6/2015).

Bambang mengatakan ada kriteria khusus untuk tiga calon kepala daerah yang akan diusung PDIP. Di antaranya ketokohan, komitmen menjalankan nilai-nilai Pancasila, dan sembilan agenda prioritas Presiden Joko Widodo yang disebut Nawa Cita.

"Jika ada kader yang melenceng, harus kami sikapi, termasuk pak Presiden," ujarnya.

Menurut dia langkah ini guna menyiapkan calon kepala daerah yang matang. Nama-nama kader PDIP itu segera diserahkan. "Rencana Juni akan ada nama yang diumumkan," kata Bambang.

Meski demikian, Bambang tidak menyebutkan akan menggandeng partai politik dalam pilkada serentak nanti. "Koalisinya dengan rakyat. Calon harus yang kredibel," pungkasnya.


(TTD)