Pertumbuhan Ekonomi Turun, Industri Keuangan Syariah Melambat

Eko Nordiansyah    •    01 Juni 2015 14:07 WIB
perbankan syariah
Pertumbuhan Ekonomi Turun, Industri Keuangan Syariah Melambat
Ilustrasi -- FOTO: MI/Atet Dwi Permana

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Achmad Buchori mengungkapkan, perlambatan pertumbuhan industri keuangan syariah di kuartal I-2015 sangat dipengaruhi oleh perlambatan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Indonesia.

Mengamati pertumbuhan ekonomi kuartal I Indonesia yang hanya mampu tumbuh sebesar 4,71 persen, maka memberikan dampak signifikan juga kepada pertumbuhan sektor perbankan syariah.

"Perkembangannya industri syariah sangat erat dengan sektor riil, kalau pertumbuhan ekonominya menurun akan kena dampak, pertumbuhan ekonomi kemarin di luar perkiraan dari yang direncanakan," ujarnya di Menara Radius Prawiro, Kompleks Perkantoran Bank Indonesia Jalan MH Thamrin Nomor 2, Jakarta Pusat, Senin (1/6/2015).

Namun, dengan dimulainya beberapa proyek pembangunan yang dijalankan pemerintah di kuartal II, Buchori meyakini pertumbuhan industri keuangan syariah juga akan ikut membaik.

"Di triwulan II akan semakin meningkat (pertumbuhan industri keuangan syariah), proyek pemerintah kemarin belum banyak dijalankan, sekarang sudah ada persetujuan dari APBN, sehingga pemerintah sudah mulai jalankan proyek dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan akan tingkatkan kerja bank syariah," tutup dia.


(AHL)

Para Bintang yang Absen dalam Laga Man City vs Napoli
Jelang Manchester City vs Napoli

Para Bintang yang Absen dalam Laga Man City vs Napoli

24 minutes Ago

Milik mengalami cedera lutut. Ini merupakan cedera yang keduanya sejak direkrut Napoli pada mus…

BERITA LAINNYA
Video /