Tiga Bank Usung Laku Pandai sebagai Rencana Bisnis Bank

Eko Nordiansyah    •    01 Juni 2015 14:37 WIB
ojk
Tiga Bank Usung Laku Pandai sebagai Rencana Bisnis Bank
Bank Muamalat, salah satu bank yang menerapkan Laku Pandai. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Deputi Komisioner Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mulia Siregar mengatakan sampai saat ini baru perbankan konvensional yang meluncurkan layanan keuangan tanpa kantor (Laku Pandai).

Namun, terdapat tiga bank syariah, yaitu Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri (BSM), dan BNI Syariah yang sudah memasukkan Laku Pandai ke dalam Rencana Bisnis Bank (RBB).

"Ada tiga yang dalam RBB akan luncurkan Laku Pandai tahun ini, masih tunggu realisasinya, kita tunggu mereka turut serta," ujarnya di Menara Radius Prawiro, Kompleks Perkantoran Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin Nomor 2, Jakarta Pusat, Senin (1/6/2015).

Selain itu, tambah dia, ada juga bank konvensional yang akan mengikutkan unit syariahnya untuk menjalankan program Laku Pandai, seperti Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN). "Ada BTPN, tapi ajak syariahnya juga untuk Laku Pandai di Sumatera Utara, dekat Lubuk Pakam," terang dia.

Adapun jika dalam aturan sebelumnya satu agen hanya bisa melayani satu bank saja, namun kemudian sekarang ini dimungkinkan satu agen melayani dua bank, yaitu satu syariah dan satu konvensional.

Menurut dia, ketentuan Laku Pandai juga tidak membedakan antara bank syariah dan bank konvensional. Hanya saja diperlukan training kepada para agen.

"Jadi harus training dulu ke agennya karena agen ini bisa individu atau lembaga hukum, sehingga harus disertifikasi. Artinya, diberi pendidikan dan pengetahuan lalu kalau sudah oke baru bisa jadi agen," pungkasnya.


(AHL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /