Langsung ke Bandung, Kunjungan Wisman Melalui Bandara Soetta Jeblok

Husen Miftahudin    •    01 Juni 2015 15:03 WIB
wisatawan
Langsung ke Bandung, Kunjungan Wisman Melalui Bandara Soetta Jeblok
Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan wisatawan mancanegara melalui Bandar Udara Soekarno-Hatta mengalami penurunan. Tercatat, pada April ini kunjungan wisman melalui Bandara Soetta hanya sebanyak 749.882 orang, turun 5,03 persen dibanding bulan sebelumnya yang mencapai sebesar 789.596 orang.

Hal ini cukup menjadi pertanyaan, pasalnya pada April lalu Pemerintah Indonesia menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika (KAA) yang dipusatkan di DKI Jakarta. Jika demikian, maka seharusnya kunjungan wisman melalui pintu Bandara Soetta melonjak drastis.

Kepala BPS Suryamin menjelaskan, penurunan jumlah wisatawan melalui pintu Bandara Soetta yang menurun disebabkan karena para wisman lebih memilih langsung ke Bandung sebagai tempat penutupan acara perhelatan akbar KAA. Terlebih, Bandara Soetta sempat ditutup karena dijadikan sebagai tempat pendaratan para kepala negara yang akan menghadiri KAA.

"Penurunan wisatawan mancanegara yang lewat Bandara Soekarno-Hatta memang karena para wisman banyak yang langsung memilih untuk ke Bandung. Karena ditutup, banyak juga yang lewat Bandara Halim Perdanakusuma," ujar Suryamin, usai konferensi pers tentang inflasi di kantornya, Jalan Dr Sutomo No 6-8, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (1/6/2015).

BPS mencatat, kunjungan wisman ke Bandara Husein Sastranegara-Bandung pada April 2015 naik sebesar 11,59 persen. Dari 15.130 orang pada Maret menjadi 16.884 orang pada April tahun ini.

Selain karena pengalihan pintu masuk wisman, Suryamin mengungkapkan bahwa penurunan wisman melalui pintu masuk Bandara Soetta karena adanya penutupan rute. Ia menyebut, karena dua rute ke Bandara Soetta ditutup, maka wajar wisman yang masuk ke Bandara Soetta jadi menurun.

"Selain itu, penurunan wisman melalui Bandara Soetta yang cukup drastis karena ada penutupan dua rute, yakni rute Taipei-Jakarta dan Jakarta-Haneda mulai Januari tahun ini. Makanya turun," tutup Suryamin.


(AHL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

14 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /