Enggan Laporkan Kekayaan, Kabareskrim Coreng Revolusi Mental Jokowi

Damar Iradat    •    01 Juni 2015 15:48 WIB
lhkpn
Enggan Laporkan Kekayaan, Kabareskrim Coreng Revolusi Mental Jokowi
Kabareskrim Komjen Pol Budi Waseso (Foto: MI/Atet))

Metrotvnews.com, Jakarta: Sikap Kepala Badan Reserse Kriminal Budi Waseso yang enggan melaporkan harta kekayaan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai mencoreng revolusi mental yang digaungkan Presiden Joko Widodo.
 
"Sikap ini mencoreng simbol pemeritahan Presiden Joko Widodo, Nawa Cita dan revolusi mental. Dasar kedua jargon Jokowi ini kan transparasi, tapi Ia malah menolak membuka," kata tokoh agama Romo Benny di kantor Para Syndicate, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (1/6/2015).
 
Ia mengungkapkan, semua pejabat wajib melaporkan harta kekayaan. Tindakan itu simbol revolusi mental bersih, tidak korup. “Simbol revolusi mental Jokowi digrogoti oleh orang-orang di bawahnya. Persoalan mendasar, kewibawaan presiden itu di mana," katanya.
 
Menurutnya, kesadaran pejabat mendukung revolusi mental menjadi patokan dasar wibawa presiden. Bagaimana presiden membangun sebuah budaya, perilaku dalam pemerintahan. "Namun, maknanya diingkari oleh bawahan. Kalau tak ditegur, orang seperti ini merasa mendapat keiistimewaan," ujarnya.
 
Benny menilai birokrasi harus transparan agar sesuai dengan fungsi yang ditetapkan. “Kalau tidak, akan jadi benalu dalam negara ini. Akibatnya, Pemeritah Jokowi kehilangan simbol revolusi mental, karena dilawan oleh bawahannya," pungkas dia.
 
Sebelumnya, Budi Waseso dengan tegas menolak melaporkan harta kekayaannya kepada KPK. Dia merasa tak akan disangkakan melakukan perbuatan melawan hukum, Ia bersikeras tak akan membuat Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN). "Itu bukan tindak pidana. Jadi saya tidak mau melaporkan," kata Budi 29 Mei.
 


(FZN)

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan

2 hours Ago

Inter Milan secara resmi mengonfirmasi perekrutan Joao Cancelo dengan status pinjaman dari Vale…

BERITA LAINNYA
Video /