Budayawan: Pancasila Sila ke 4 belum Diterapkan Anggota DPR

Intan fauzi    •    02 Juni 2015 03:58 WIB
Budayawan: Pancasila Sila ke 4 belum Diterapkan Anggota DPR
Budayawan, Radhar Panca Dahana

Metrotvnews.com, Jakarta: 70 tahun lahirnya Pancasila, DPR dinilai belum mampu terapkan pancasila sila ke-4. Sila tersebut berbunyi, 'Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan'.

Sila tersebut seyogyanya menjadi pedoman bagi para anggota DPR untuk menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat. Nyatanya, para wakil rakyat tersebut lebih senang ribut sehingga dinilai gagal menerapkan sila ke-4.

"Ditingkat mana kenegarawanan anggota DPR, loyalitasnya tinggi, keberadabannya tinggi. Itu semua bisa kita ragukan. Hanya memikirkan dirinya sendiri, dimana kenegarawanannya," kata Budayawan, Radhar Panca Dahana, di PrimeTime News, Metro TV, Senin (1/6/2015) malam.

"Kalau kearifan ditiadakan, kebijaksaan ditiadakan bagaimana hikmahnya. Anggota DPR ini sudah tidak ada sila keempatnya, sudah melakukan pengkhiananat pada sila keempat," lanjutnya.

Hikmat sebagai esensi dari sila ke-4 perlu dipahami. Bukan hikmat seperti pada pelaksanaan upacara, melainkan hikmah dari sebuah kebijakan.

"Yang sering tidak dipahami, kata hikmat itu. Hikmat itu bukan kaya kita upacara, hikmat itu ya hikmah itu. Kita semua menganggap orang-orang di DPR ini orang yang mampu mengambil hikmah dari kebijaksanaan itu. Tapi kenyataannya bijaksananya tidak, apalagi hikmahnya," terang Radhar.

Namun tentu saja, sebelum mewujudkan sila ke-4, sila sebelumnya pun perlu dipahami terutama sila ke-1. "Sila ke-4 tidak pernah terwujud tanpa sila 1-3 itu, yang paling pokok itu 'Ketuhanan yang Maha Esa'," jelasnya.
(AZF)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

9 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /