Lebih Dekat dengan Sang Proklamator

Pelangi Karismakristi    •    02 Juni 2015 15:50 WIB
mpr adshari pancasila
Lebih Dekat dengan Sang Proklamator

Metrotvnews.com, Blitar: Sebuah bangunan berdiri di selatan bagian belakang makam Bung Karno, namanya Perpustakaan Persada Bung Karno dan Museum Bung Karno. Di sana dipajang berbagai memorabilia Sang Proklamator, terutama semasa berada menjalani hukuman pengasingan.

Memasuki bagian teras bangunannya, jangan kaget bila mendapati 'Bung Karno' sedang duduk membaca. Patung perunggu ini menjadi lokasi favorit pengunjung, bahkan pimpinan MPR, untuk berfoto bersama 'Bung Karno'.

Perpustakaannya terdiri dari dua lantai. Di lantai pertama disimpan buku-buku khusus tulisan Bung Karno. Sedangkan di lantai dua menyimpan buku-buku umum. 

"Selain itu ada sarana untuk menonton film dokumenter yang kapasitasnya 100 orang dan lesehan tempat baca anak. Ini diresmikan Ibu Megawati pada 2001, " jelas Niko Novia Safah, staff Administrasi Bidang Pengawasan Wisata Blitar Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP).

Tidak kalah menariknya, saat memasuki museum, terdapat lukisan Bung Karno sedang memegang keris. Bila diamati seksama, bagian dada lukisan karya I.B Said ini terlihat berdetak.

Bagaimana bisa? Tidak ada yang tahu penyebabnya. Tapi banyak yang sudah menyaksikannya. Salah satunya adalah Niken, warga Trenggalek, Jawa Timur, yang datang bersama piknik Taman Kanak-kanak.

"Tadinya saya nggak percaya. Ini saya ngamatin dari tadi, tapi ini sekarang iya saya percaya. Allahua'lam ya sebabnya," tutur perempuan berhijab ini.

Mengulik koleksi yang lain, kita bisa melihat jas kerap Bung Karno kenakan saat memperjuangkan kemerdekaan. Ada pula sebuah koper logam yang dibawanya ke tempat pengasingan. Ada pula bendera merah putih yang pertama dijahit oleh Fatmawati, selain itu kita bisa melihat ratusan koleksi foto Bung Karno semasa hidupnya.

Suasana di sini benar-benar terasa kental nuansa proklamator dan kita diajak lebih dekat dengan sosoknya. Pada liburan akhir pekan lalu yang bertepatan dengan Hari Pancasila, jumlah warga yang datang makin melonjak.

"Setelah ke sini saya merasa lebih dekat dengan Bung Karno. Dia adalah pahlawan yang nggak mau apa yang diperjuangkan sia-sia," tutur Wawan yang berkunjung dengan kerabatnya.

Jika ada waku luang atau kebetulan sedang lewat atau berada di Blitar, sempatkanlah berkunjung ke sini, wisata berwawasan kebangsaan. Selain mendapat pengetahuan, kita juga akan merasakan dekat dengan Bung Karno.
 


(LHE)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

10 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /