Perwira Senior Thailand Terlibat Penyelundupan Etnis Rohingya

Willy Haryono    •    02 Juni 2015 17:06 WIB
rohingya
Perwira Senior Thailand Terlibat Penyelundupan Etnis Rohingya
Kepala Kepolisian Nasional Thailand Somyot Poompanmoung dalam sebuah konferensi pers di Bangkok, 19 Maret 2015. AFP / PORNCHAI KITTIWONGSAKUL

Metrotvnews.com, Bangkok: Pemerintah Thailand mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap seorang perwira senior yang diduga kuat terlibat penyelundupan manusia dari Myanmar dan Bangladesh. 

Dalam beberapa pekan terakhir, lebih dari 3500 Rohingya, etnis minoritas dari Myanmar, dan juga pengungsi Bangladesh telah tiba di Thailand, Malaysia dan Indonesia. Hal ini memicu krisis imigran di regional Asia Tenggara. 

Selama ini, sejumlah aktivis hak asasi manusia menuding pemerintah junta militer Thailand menutup mata atas kasus perdagangan manusia. Namun atas surat penangkapan ini, pemerintah Thailand menunjukkan keseriusannya. 

Kepala Kepolisian Nasional Somyot Poompanmoung mengatakan pengadilan tinggi telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Letnan Jenderal Manas Kongpan atas dugaan keterlibatannya dalam perdagangan manusia. 

"Polisi meyakini (keterlibatan Manas Kongpan) berdasarkan bukti-bukti yang ada," tutur Somyot kepada sejumlah awak media menjelang konferensi pers di markas besar kepolisian Bangkok, Selasa (2/6/2015). 

"Saya yakin dia tidak akan melarikan diri," sambung dia, yang mengatakan polisi sudah menghubungi pihak militer agar segera menyerahkan Manas. 

Menurut dokumen pengadilan, Manas adalah perwira berumur 58 tahun. Tidak ada detail lainnya mengenai dugaan keterlibatannya dalam perdagangan manusia. 



(WIL)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /