Sambangi Pengungsi Rohingya, Asisten Menlu AS Pastikan Bantuan

Fajar Nugraha    •    03 Juni 2015 06:50 WIB
rohingya
Sambangi Pengungsi Rohingya, Asisten Menlu AS Pastikan Bantuan
Asisten Menlu AS, Anne Richard saat mengunjungi Aceh (Foto: AFP

Metrotvnews.com, Jakarta: Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Anne C. Richard mengunjungi Aceh, 2 Juni 2015 untuk melihat para pengungsi Rohingya. Dalam kesempatan itu, Richard mengungkapkan komitmen negaranya untuk beri bantuan.

"Ini kunjungan kedua saya ke Indonesia dan saya senang berada di negeri indah ini, meskipun saat ini kedatangan saya terkait situasi kompleks dan sulit. Ini terutama disebabkan krisis pengungsi di Laut Andaman dan Teluk Bengal," ujar Asisten Menlu AS untuk urusan Populasi, Pengungsi dan Migrasi itu, dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar AS, yang diterima Metrotvnews.com, Rabu (3/6/2015).

Menurut Richard, Pemerintah AS berkomitmen untuk mendukung upaya mengatasi masalah pengungsi Rohingya dan Bangladesh. Richard menambahkan, pemerintahan Presiden Barack Obama siap untuk melakukan konsultasi dengan pemerintah di kawasan Asia Tenggara mengenai bantuan yang diperlukan dan cara terbaik yang bisa diberikan AS demi menyediakan bantuan kemanusiaan bagi para pengungsi.

"Saya ingin berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Aceh yang memberikan bantuan kepada pengungsi. Rasa terima kasih saya utarakan secara khusus kepada nelayan setempat yang memainkan peran penting dalam menyelamatkan pengungsi," lanjutnya.

Selama di Indonesia, Richard akan menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla dan beberapa tokoh lain untuk membahas krisis.

"Saya juga akan bertemu dengan petinggi UNHCR dan IOM untuk membahas kondisi pengungsi yang ada saat ini," lanjutnya.

AS akan memberikan bantuan sebesar USD3 juta demi mengatasi masalah pengungsi ini. Bantuan itu akan diserahkan melalui lembaga IOM.

Bantuan kali ini akan melengkapi bantuan Pemerintah AS kepada kelompok minoritas di Myanmar, termasuk Rohingya, yang mencapai USD109 juta. Bantuan itu sudah diberikan sejak 2014.
 


(FJR)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /