Publik Jangan Takut Daftar Calon Komisioner KPK

Ilham wibowo    •    03 Juni 2015 10:37 WIB
pansel kpk
Publik Jangan Takut Daftar Calon Komisioner KPK
Anggota Pansel KPK Yenti Garnasih. Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Pansel KPK Yenti Ganarsih berharap pihaknya mampu mendorong calon komisioner KPK tidak takut mendaftarkan diri. Sebab, munculnya istilah kriminalisasi komisioner secara psikologis juga berpengaruh.

"Mudah-mudahan kita bisa mendorong mereka tidak takut mendaftar karena bagaimanapun secara psikologi kejadian kemarin itu berpengaruh juga. Ada istilah kriminalisasi komisioner. Saya pikir kita wajib mencari yang track record-nya bagus dan menyakinkan mereka dan jangan takut tentang itu," tutur Pengajar Hukum Universitas Trisakti ini saat ditemui Metrotvnews.com, di Gedung Metro TV, Rabu (3/6/2015)

Siapapun calon komisioner KPK yang terpilih nantinya akan tetap disodorkan presiden ke DPR. Yenti berharap, delapan calon yang direkomendasikan nanti diisi orang-orang terbaik.

"Kita akan mengambil delapan nama untuk nanti disaring kembali. Kalau yang delapan itu tidak terisi oleh putra-putri terbaik, siapapun dia kan harus kita gulirkan oleh presiden ke DPR. Kita jangan membiarkan itu diisi oleh orang yang tidak baik," tuturnya.

Yenti menekankan, pihaknya akan terus mendorong masyarakat agar berani mendaftar menjadi komisioner KPK. Sebab, tanggung jawab pemberantasan korupsi merupakan tanggung jawab bersama.

"Karena tanggung jawab kita semua, karena itu ayo kita berangkat, ayo orang yang baik-baik ini berani mendaftar. Maka mari kita kuatkan KPK, mari kita jadikan KPK lembaga penegakan hukum antikorupsi. Ini yang akan kita dorong kepada masyarakat," kata Yenti.


(MBM)