Jokowi Masih Pikir Cari Pengganti Moeldoko

LB Ciputri Hutabarat    •    03 Juni 2015 15:13 WIB
tni
Jokowi Masih Pikir Cari Pengganti Moeldoko
Jokowi bersama Pimpinan TNI----MI/Barry Fatahillah

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo masih menimbang siapa calon yang pas menggantikan posisi Jenderal TNI Moeldoko di pucuk pimpinan TNI. Banyak kriteria dipikirkan presiden untuk menunjuk pengganti Moeldoko.

"Bapak Presiden masih pikirkan itu, toh kan calonnya cuma tiga orang dari AD, AL, dan AU, tinggal pilih salah satu," kata Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Tedjo Edhy Purdjianto di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (3/6/2015).

Tedjo menjelaskan, untuk pemilihan panglima TNI sendiri ada kesepakatan tak tertulis yang pernah dibuat. Kesepakatan itu merujuk kepada pemilihan Panglima TNI yang dilakukan secara bergantian dari Angkatan Udara (AU), Angkatan Darat (AD), dan Angkatan Laut (AL).

"Tapi itu bukan suatu harga mati. Itu semua terserah presiden yang mana yang diangkat beliau," terang dia.

Jika sesuai kesepakatan itu, sambung Tedjo, panglima mendatang akan dipegang Angkatan Udara. Sebab, Moeldoko sebelumnya menggantikan Agus Hartono dari Angkatan Laut.

"Sebetulnya harusnya sih AU. Kemarin kan dari AL Agus Hartono diganti terus Pak Moeldoko dilanjutkan udara (AU) lagi balik lagi ke darat (AD) lagi dan baru dari laut (AL)," jelas dia.

Namun, yang penting, lanjut Tedjo, seorang Panglima TNI harus punya kepribadian yang dapat merangkul seluruh elemen TNI.

"Dia punya kemampuan mengayomi TNI supaya bisa melaksanakan tugas pokok TNI. Jadi soal kemampuan (AU, AL dan AD) sama saja tinggal terserah pak Presiden gunakan yang mana," tutupnya.


(TII)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

3 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /