Cyber Security di Sistem Pembayaran Harus Penuhi 3 Aspek Ini

Eko Nordiansyah    •    03 Juni 2015 18:40 WIB
cyber security
<i>Cyber Security</i> di Sistem Pembayaran Harus Penuhi 3 Aspek Ini
Bank Indonesia (MI/USMAN ISKANDAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa cyber security dalam aspek sistem pembayaran harus memenuhi beberapa aspek. Cyber security ini menjadi penting mengingat perang antarnegara sudah bukan lagi dalam bentuk fisik, melainkan sudah menggunakan cyber war.

Direktur Grup Pengawasan Sistem Pembayaran dan Bisnis Layanan Uang BI Ida Nuryanti mengatakan, tiga aspek yang dimaksudkan ialah confident, integrity, dan availability.

"Pertama, confident, yaitu terbebas dan tak bisa diakses oleh unauthority parties (pihak tidak berwenang). Kedua, integrity, yaitu harus punya integritas yang tinggi dan bebas modifikasi. Ketiga, availability, yaitu sistem bisa dijamin mudah untuk diakses kapan pun diperlukan," ujarnya, dalam Simposium Nasional Cybersecurity, di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (3/6/2015).

Untuk itu, dirinya meminta setiap pihak untuk menyiapkan sebuah sistem keamanan berbasis cyber tersebut. Sebab, saat ini perang antar negara sudah tidak lagi berbentuk fisik, melainkan sudah menggunakan cyber war. "Harus cari terobosan terkait cyber security ini," lanjut dia.

Ia menambahkan, sejak Agustus 2014 lalu BI telah menggalangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Dengan gerakan tersebut, BI berharap transaksi nontunai bisa semakin berkembang. "Kita terus dorong masyarakat untuk transaksi menggunakan nontunai. Selain kurangi (uang) cash, juga bisa penghematan uang cash," jelasnya.

Selain karena lebih aman dan nyaman, transaksi nontunai juga lebih cepat sehingga perputaran bisnis juga semakin kencang. "Ekonomi akan lebih efisien dan bergerak lebih cepat. Transaksi nontunai juga lebih transparan dan akuntabilitas karena tiap transaksi tercatat dan terlacak," pungkasnya.


(ABD)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /