Andien Tampil di Jazz Gunung Untuk Pertama Kalinya

Dwi Ayu Rochani    •    03 Juni 2015 22:02 WIB
jazz gunung
Andien Tampil di Jazz Gunung Untuk Pertama Kalinya
Foto: Andien / dok. pribadi

Metrotvnews.com, Jakarta: Kurang lebih dua minggu lagi perhelatan musik tahunan Jazz Gunung akan segera digelar. Bertempat di Panggung Terbuka Java Banana Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Jazz Gunung akan diselenggarakan pada tanggal 12 hingga 13 Juni 2015.

Berbeda dari tahun sebelumnya, perhelatan yang berlangsung selama dua hari, Jazz Gunung akan menampilkan musisi ibu kota seperti Andien dan Tulus. Ring of Fire pimpinan Djaduk Ferianto juga akan berkolaborasi dengan penyanyi keroncong Endah Laras dan gitaris Tohpati.

Selain itu juga akan ada Yuri Jo , gitaris kelahiran indonesia yang sekarang menetap di Australia akan tampil dengan grupnya Yuri Jo Collective, Jay & Gatra Wardaya dari Yogyakarta yang berkolaborasi dengan dua musisi Korea Selatan [SU:M].

"Alhamdulillah, seperti jodoh di tahun 2015, terima kasih sudah memberikan kesempatan tampil di Jazz Gunung tahun ini, animo dari masyarakat juga terlihat sangat besar sekali," ucap Andien saat konferensi pers Jazz Gunung, di Griya Perbanas, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (3/6/2015).

Sebagai konsistensi dengan salah satu tujuan Jazz Gunung, yaitu untuk meningkatkan apresiasi terhadap kesenian dan kebudayaan tradisional, Jazz Gunung juga mempersembahkan pameran Batik Glorifying Life karya Dudung Alie Syahbana yang bisa dinikmati selama Jazz Gunung berlangsung di Java Banana Art Gallery.

Batik-batik karya Dudung Alie Syahbana tidak mengikuti pakem tradisi batik Pekalongan dengan warna-warna cerah dan berani dengan pola tidak simetris, tapi karya Dudung merupakan kombinasi warna-warna alami dan modifikasi dari pola batik tradisional Jawa Tengah.

Jazz Gunung sendiri pertama kali diadakan di tahun 2009 dengan Sigit Pramono, seorang bankir dan fotograger pecinta Bromo dan musik Jazz sebagai penggagasnya. Butet Kertaredjasa dan Djaduk Ferianto, dua orang seniman serba bisa juga ikut menjadi pendukung setia Jazz Gunung sejak awal.

Mereka bertiga mempunyai visi untuk meningkatkan apresiasi terhadap musik Jazz etnik, memberi nilai tambah pariwisata di Gunung Bromo dan menjadikan Jazz Gunung sebagai salah satu festival seni budaya andalan dalam program pariwisata dan budaya Indonesia di mata Internasional.


(AWP)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

11 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /