6 TKI Lolos Hukuman Mati di Arab Saudi Tiba di Indonesia

Wanda Indana    •    03 Juni 2015 22:13 WIB
eksekusi mati wni
6 TKI Lolos Hukuman Mati di Arab Saudi Tiba di Indonesia
Ilustrasi hukuman mati.

Metrotvnews.com, Jakarta: Enam orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang lolos dari eksekusi mati di Arab Saudi telah kembali ke tanah air. Keenamnya terbebas dari hukuman mati setelah melewati sembilan tahun masa persidangan.

Dilansir dari prospertki.org, keenam TKI tiba di Indoensia pada Selasa 2 Juni kemarin. Rencananya, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akan menyerahkan keenam TKI tersebut kepada Pemerintah Kalimantan Selatan (Kalsel) yang diwakili Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Ariffin.

Konsulat Jenderal (Konjen) RI Jeddah, Dharmakirty Syailendra Putra, mengatakan kasus pembunuhan yang melibatkan enam TKI terjadi pada pada 2006. Lima WNI tersebut terbukti terlibat dalam pembunuhan seorang warga Pakistan di tempat kerjanya. Mereka menyemen korban hidup-hidup. Sementara, seorang WNI lagi dianggap sebagai fasilitator pembunuhan.

"Pembunuhan dilakukan berkelompok dan terencana. Sang fasilitator tidak mengetahui pembunuhan tersebut. Dia hanya membeli semen sesuai perintah teman-temannya,” kata Dharmakirty, dalam konferensi persnya di Kemenlu, Jakarta, Rabu (3/6/2015).

 
Pada 2009, Pengadilan Mekkah memutuskan qishash atau hukuman mati kepada lima orang yang terlibat pembunuhan dan hukuman penjara bagi sang fasilitator. Saat itu, keenam orang tersebut tidak mendapat pengampunan dari keluarga.

Lima orang pembunuh itu bernama Saiful Mubarok, Sam’ani Muhammad, Muhammad Mursyidi, Ahmad Zizi Hartati, dan Abdul Azis Supiyani. Lalu, sang fasilitator bernama Muhammad Daham Arifin.

"Waktu itu, ibu korban tidak memberikan maaf,” lanjut Dharmakirty.

Namun, Pemerintah Indonesia kemudian terus melakukan pendekatan kepada keluarga korban. Akhirnya, pada 2012, keenamnya menjalani sidang banding dan membuahkan hasil. Pada Januari 2014, keenamnya dinyatakan bebas setelah keluarga korban memberi pengampunan.



(MEL)

Valverde tak Yakin Fan Barcelona Mencintai Dirinya
Barcelona 2017--2018

Valverde tak Yakin Fan Barcelona Mencintai Dirinya

2 hours Ago

Ernesto Valverde enggan jemawa dengan start positif Barcelona musim ini.…

BERITA LAINNYA
Video /