Kepentingan Pencitraan, Saksi Akui Kementerian ESDM Sering Buat Demo Tandingan

Renatha Swasty    •    03 Juni 2015 23:34 WIB
kasus korupsi
Kepentingan Pencitraan, Saksi Akui Kementerian ESDM Sering Buat Demo Tandingan
mantan Sekjen Kemnterian ESDM Waryono Karno. (Foto: MI/Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Rida Mulyana mengakui Kementerian ESDM sering melakukan pencitraan. Salah satunya, membuat demo tandingan.

Rida mengatakan Sektetaris Jenderal Kementerian ESDM Waryono Karno sering mengeluh adanya pengeluaran yang tak bisa ditangani oleh APBN. Salah satu pengeluaran itu untuk membayar demo.

"Saya tangkap untuk pencitraan kementerian ESDM, misalnya kita sering didemo, kita memberikan demo tandingan kayak macam itu. Tapi tidak bisa ditangani APBN, kemudian pak sekjen membawa ke rapat inti," ungkap Rida saat bersaksi buat terdakwa Waryono Karno di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (3/6/2015).

Kendati demikian, Rida membantah Waryono meminta anak buahnya mengumpulkan duit untuk menutupi kepentingan itu.

"Tidak pernah sampai rapat inti," pungkas Rida.

Dalam dakwaan diketahui Waryono memerintahkan pengumpulan dana untuk membiayai kegiatan pada Setjen Kementerian ESDM yang tidak dibiayai APBN. Caranya dengan melakukan pemecahan paket pekerjaan untuk menghindari pelelangan umum dalam kegiatan sosialisasi sektor ESDM bahan bakar minyak bersubsidi tahun 2012.

Tak hanya itu, ia juga disebut mengumpulkan uang dari kegiatan sepeda sehat dalam rangka sosialisasi hemat energi, dan perawatan kantor gedung Setjen Kemen ESDM tahun anggaran 2012.

Usai kesaksian Rida, Waryono mengakui kementeriannya seringkali melakukan pencitraan. Terutama saat masa jabatan Menteri ESDM Jero Wacik.

"Sejak jaman Purnomo jadi menteri tidak dibebani pencitraan, setelah Purnomo nggak ada pencitraan, Darwin nggak ada pencitraan, Jero Wacik aja ada muncul pencitraan, bukan semata mata pencitraan, ini instansi pemerintah ngapain pakai pencitraan baru pak Jero Wacik aja," pungkas Waryono.


(MEL)

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

1 day Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /