Retno: Jadi Kepala Sekolah Menyita Waktu Membaca dan Menulis

Intan fauzi    •    04 Juni 2015 02:46 WIB
pendidikan
Retno: Jadi Kepala Sekolah Menyita Waktu Membaca dan Menulis
Mantan Kepala SMA 3 Jakarta Retno Listyarti.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Kepala SMA 3 Jakarta yang sudah dicopot dari jabatannya dan menjadi guru di SMA 13 Jakarta, Retno Listyarti, nampak menikmati kehidupannya sebagai guru. Menurutnya, menjadi Kepala Sekolah itu menyita waktu.

"Menjadi Kepsek menyita waktu. Waktu membaca berkurang, menulis berkurang," kata Retno, Rabu (3/6/2015).

Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) itu memang gemar menulis dan membaca. Sebelum menjadi kepala sekolah, Retno mengaku bisa menulis hingga 12 opini dalam setahun di surat kabar.

"Sebelumnya, saya bisa nulis 12 opini setahun. Kemarin setahun cuma bisa nulis tiga," terang wanita yang juga mantan kepala SMA 76 Jakarta.

Selain opini, ternyata kini Ia sedang menyusun tiga buah buku yang tertunda selama Ia menjadi kepala sekolah. Semenjak dicopot dari jabatan kepala sekolah, Retno pun lebih produktif dalam menulis.

"Sejak tanggal 14 Mei sampai sekarang sudah menulis untuk buku saya 60 halaman. Saya menulis tiga buku, yaitu buku Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), buku umum perjuangan saya dan organisasi di bidang pendidikan, dan kurikulum 2013," papar Retno.

Seperti diketahui, pencopotan Retno dari jabatannya sebagai Kepsek SMA 3 sempat menjadi perbincangan. Retno dianggap tak ada di sekolahnya saat pelaksanaan UN SMA hari ke-2 (14/4/2015).

Saat itu justru Retno mewakili FSGI berada di SMA 2 menghadiri wawancara bersama Presiden Jokowi, Menteri Pendidikam dan Kebudayaan Anies Baswedam, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama yang membahas dugaan kebocoran soal UN. Namun, Retno tak merasa dirinya melakukan kesalahan karena saat itu Ia di luar kapasitasnya sebagai Kepsek.


(MEL)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

4 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /