BKPM Kawal 100 Proyek Investasi Demi 300 Ribu Lapangan Kerja

Annisa ayu artanti    •    04 Juni 2015 14:47 WIB
infrastruktur
BKPM Kawal 100 Proyek Investasi Demi 300 Ribu Lapangan Kerja
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan mengawal proses realisasi 100 protek investasi yang sedang memasuki tahap konstruksi dan diproyeksikan dapat menyerap 300 ribu tenaga kerja, baik langsung maupun tak langsung.

"Seratus proyek investasi tersebut secara keseluruhan memiliki nilai investasi sebesar Rp219,66 triliun," kata Kepala BKPM Franky Sibarani, dalam sebuah jumpa pers, di Gedung BKPM, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Franky menyatakanlangkah tersebut dilakukan BKPM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, di mana
pemerintah menempatkan investasi sebagai sektor penopangnya.

Menurut dia, seratus proyek yang akan dikawal BKPM, seluruhnya sedang dalam masa konstruksi dan diproyeksikan dapat menyerap 65 ribu tenaga kerja langsung, serta diharapkan memiliki multiplier effect hingga 240 ribu tenaga kerja sejak masa konstruksi, maupun tenaga kerja tidak langsung.

"Dengan langkah ini, BKPM berharap perekonomian dapat terus tumbuh dan bergerak," jelas Franky.

Franky menambahkan investasi menjadi sektor penopang pertumbuhan ekonomi di mana, menurut data BPS, kontribusi terhadap PDB naik dari 1,34 persen di 2014 menjadi 1,40 persen pada kuartal I-2015.

Menurutnya, investasi juga berperan penting dalam mendorong pergerakan ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja, di mana BPS mencatat ada kenaikan pengangguran sebesar 300 ribu orang per Februari 2015.

"Meski pun pada kuartal I-2015, BKPM mencatat ada penyerapan tenaga kerja sebanyak 315 ribu orang dari Rp124,6 triliun realisasi investasi periode tersebut," pungkasnya.


(AHL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

21 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /