Computex 2015

Senjata Andalan MSI di Dunia Gaming Tahun Ini

Insaf Albert Tarigan    •    05 Juni 2015 08:41 WIB
computex 2015
Senjata Andalan MSI di Dunia Gaming Tahun Ini
MSI meluncurkan serangkaian produk gaming pada Computex 2015, 2 Juni 2015.

Metrotvnews.com, Taipei: Nama MSI sudah tak asing bagi penggemar game di Indonesia. Mereka dikenal sebagai salah satu produsen perangkat game terbesar dengan rangkaian produk beragam: dari motherboard, kartu grafis, notebook gaming dan lain-lain.

Pada pameran Computex 2015, MSI masih menjadikan gaming sebagai "jualan" utama, meski mereka juga memiliki produk untuk sektor lain. Untuk menarik perhatian pengunjung ke booth mereka, MSI memajang PC Modding karya salah satu pengoprek PC dari Hungaria yang dikenal dengan julukan Soccer. PC modding tersebut bertema naga dengan warna merah khas MSI.



Salah satu demo teknologi paling menarik dari booth MSI adalah pelacak gerakan mata (eye-tracking) yang menghadirkan sensasi bermain game yang berbeda. Saya sempat mencoba fitur ini dengan dibantu teknisi Tobii Technology, perusahaan asal Swedia yang mengembangkan teknologi tersebut dan menjadi mitra MSI.

Sebelum dapat menggunakan eye-tracking, saya diminta untuk mengkalibrasi gerakan mata dengan mengikuti titik-titik tertentu di layar yang bergerak dari bawah ke pojok kanan, pojok kiri dan ke bawah lagi. Prosesnya ternyata cukup singkat. Gerakan mata dilacak sensor khusus yang tertanam pada bagian bawah layar notebook.



Jika sudah selesai, kita dapat mengubah sudut pandang dalam game dengan sangat mudah. Cukup menggerakkan mata ke kiri, kanan, atas atau bawah. Saat mengalihkan perhatian dari layar, game akan otomatis "Pause", dan saat kembali melihat layar, ia akan aktif.



Teknisi Tobii mengatakan, saat ini game yang mendukung fitur eye-tracking belum banyak, baru sekitar 8 judul, termasuk Assassin's Creed. Namun, dia optimistis jumlahnya akan terus bertambah.

Menariknya, Anda sudah bisa menggunakan teknologi ini karena MSI sudah menerapkannya di produk komersil, notebook gaming GT72, yang juga sudah dilengkapi fitur Nvidia G-Sync. GT72 termasuk notebook kelas high end dengan dukungan kartu grafis GTX980M dan RAM GDDR5 8GB. Sayangnya, belum ada informasi spesifik mengenai jadwal ketersiadaan produk tersebut.

Beralih ke lini motherboard, seperti sudah kami ulas sebelumnya, MSI menghadirkan X99A Godlike. Ia adalah motherboard pertama di dunia yang dilengakpi RGB LED pertama di dunia, sehingga memungkinkan gamer mengubah warna hingga 2 ribu pilihan.

X99A Godlike Gaming dilengkapi bermacam fitur antara lain, SATA Express, USB 3.1 Type A dan C. MSI juga melengkapinya dengan fitur terbaru Audio Boost 3 PRO untuk meningkatkan kualitas suara, Killer DoubleShot-X3 PRO, dua port Killer Ethernet dan Killer 1535 WiFi. Hasilnya, motherboard ini mampu memberikan bandwidht hingga 2,867Gbps kepada gamer kelas berat.

Selain itu, mereka juga memamerkan dua motherboard yang berhasil menyabet penghargaan produk terbaik di Computex 2015. MSI X99A GAMING 9 ACK dinobatkan sebagai Best Choice Golden Award untuk kategori Gaming & Entertainment, serta motherboard MSI X99A XPOWER AC yang dinobatkan sebagai Best Choice Award untuk kategori Computer & System.



Dari lini produk kartu grafis, tentu saja MSI mengikuti Nvidia yang juga memanfaatkan Computex 2015 untuk merilis GTX980 Ti. MSI memperkenalkan GTX980 Ti Gaming 6G.



Sesuai dengan namanya, kartu grafis ini menggunakan VRAM 6GB yang diperkuat oleh sistem pendinginan Twin Frozr V agar suhunya tetap terjaga. Seri GTX980Ti berdampingan dengan GTX980 Gaming 4G, yang berhasil mendapat penghargaan Taiwan Excellence Awards.



Bagi gamer kelas berat, satu kartu grafis saja tentu tidak cukup. Mereka terbiasa memasang hingga 3 kartu grafis sekaligus secara paralel. Untuk mengakomodasi kebutuhan ini, MSI memperkenalkan SLI bridge.



Produk selanjutnya adalah GT80, notebook gaming pertama di dunia yang sudah menggunakan keyboard mekanikal. Untuk mewujudkan hal tersebut MSI bekerja erat dengan produsen aksesori game, SteelSeries. Produk ini sudah diluncurkan di Indonesia, Anda bisa mempalajarinya lebih jauh di sini.

Perbaikan Audio
Produk bagus tentu memerlukan dukungan fitur yang bagus pula. Khusus untuk kebutuhan audio, MSI menggandeng Nahimic, perusahaan asal Prancis yang telah lama membuat simulasi pertempuran pesawat tempur untuk militer setempat.

Saya sempat mencoba produk berbasis peranti lunak ini di salah satu produk MSI. Hasilnya memang jauh berbeda,kualitas suara yang dihasilkan benar-benar jernih, sehingga pemain game, misalnya, bisa mengetahui dari arah mana ia ditembaki.

Teknologi Nahimic ini sudah diterapkan AMD di notebook gaming GS60 dan GS70, serta GE62 dan GE72. Selain produk gaming, MSI tak lupa memperkenalkan jajaran notebook P-Series Prestige terbaru: PX60, PE60 dan PE70 yang mengunggulkan akurasi warna. Notebook ini menargetkan mereka yang bekerja di bidang desain.

Pada Computex kali ini, MSI juga memastian akan memasarkan barebone PC Gaming terbaru, MSI Nightblade MI. Desainnya tak banyak berubah dari seri sebelumnya. Ia menawarkan PC gaming yang ringkas, tetapi masih bisa menampung GPU berukuran standar.

Produk MSI lain yang juga cukup menarik adalah Mini PC. Namun karena tak akan masuk ke Indonesia, saya tak akan membahasnya lebih lanjut.



Menggandeng mitra utama mereka: Microsoft, Nvidia, SteelSeries, Nahimic, Intel dan lain-lain, MSI terlihat sangat optimistis menghadapi persaingan tahun ini. Akankah mereka menang? kita lihat saja.




(ABE)


Video /