Gara-gara Nomor Pelat, S1 53XY tak Bisa Dikejar Lagi

Nurul Hidayat    •    05 Juni 2015 10:38 WIB
lalu lintas
Gara-gara Nomor Pelat, S1 53XY tak Bisa Dikejar Lagi
Melanggar aturan, mobil bernomor polisi S1 53XY ditilang, Metrotvnews.com/ Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Mojokerto: Polres Mojokerto, Jawa Timur, melakukan tindakan pelanggaran (tilang) terhadap mobil bernomor polisi S1 53XY. Polres menganggap mobil untuk mempromosikan sebuah dealer di Mojokerto itu melanggar peraturan lalu lintas.

Sedianya mobil itu digunakan dalam ajang promosi memperkenalkan produk baru dalam kontes 'Ayo Kejar SI SEXY'. Kontes melibatkan warga. Caranya yaitu mobil berjenis city car itu berkeliling kota. Lalu warga yang berhasil memotret dan mengunggah fotonya di sosial media akan mendapatkan hadiah.


Namun kontes itu menuai kontroversi. Sebab, mobil menggunakan nomor pelat yang tak lazim yaitu  S1 53XY. Lantaran itu, polisi melakukan tindakan terhadap penanggung jawab dealer dan kontes tersebut.

Rizal, penanggung jawab dealer, itu menegaskan akan berkooperatif dengan peraturan polisi. Lantaran itu, kendaraan berjenis city car itu kini 'dikandangkan'. Mobil tak lagi berkeliling Kota Mojokerto.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pusat dan pelat nomor tersebut akan segera diganti," kata Rizal, Kamis (4/6/2015).

Wakapolres Mojokerto Kompol Khusein Abu Bakar membenarkan tindakan tersebut. Menurut Wakapolres, pengoperasian mobil itu melanggar Pasal 280 tentang peraturan lalu lintas. Sehingga polisi merazianya dalam Operasi Patuh Semeru 2015.

"Yang bersangkutan (yang bertanggung jawab) diharapkan untuk mengikuti persidangan," kata Wakapolres.

Khusein meminta setiap pengendara mematuhi pelat nomor sesuai dengan tanda nomor kendaraan bermotor. Tanda itu sudah sesuai dengan ketetapan Polri.

"Sudah jelas aturannya sebagai mana tertuang di pasal 280 yang berbunyi Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia dan sanksinya juga jelas yakni pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah)," pesan Wakapolres.
 


(RRN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

21 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /