Rupiah Lemah, Kurangi Barang Impor!

Eko Nordiansyah    •    05 Juni 2015 11:28 WIB
rupiah melemah
Rupiah Lemah, Kurangi Barang Impor!
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Peter Jacobs mengatakan, bahwa mengenjot ekspor merupakan upaya pemerintah meningkatkan daya saing ekonomi.

Namun demikian, ujar dia, dengan melemahnya rupiah, dirinya meminta agar bahan-bahan impor bisa dikurangi dengan meningkatkan produksi di dalam negeri.

"Itu bagian dari dinamika perekonomian kita. Apalagi kita akan meningkatkan spending membangun infrastruktur. Diharapkan daya saing ekonomi meningkat. Ekspor kita bisa naik," ujarnya saat dihubungi Metrotvnews.com, Jumat (5/6/2015).

Dia pun meminta agar para pengusaha mengurangi barang impor selama masih bisa memproduksi sendiri di dalam negeri. "Impor-impor barang yang bisa diproduksi di dalam negeri, bisa ditingkatkan sehingga enggak harus impor," lanjutnya.

Dengan demikian, Peter berharap agar indikator fundamental tersebut bisa bergerak ke arah yang lebih baik sehingga akan menyebabkan penguatan dari mata uang rupiah. Sementara itu, BI juga akan berusaha untuk tetap menjaga volatilitas rupiah bergerak sesuai fundamentalnya di pasar.

"Kita jaga supaya volatilitas nilai tukarnya tidak tajam. Dan kita akan lakukan intervensi kalau diperlukan secara terukur untuk nilai tukarnya beregerak sesuai fundamentalnya," pungkasnya.


(AHL)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

21 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /