Pemerintah Gandeng Pemda Kendalikan Harga Bahan Pokok

Husen Miftahudin    •    05 Juni 2015 13:52 WIB
bahan pokok
Pemerintah Gandeng Pemda Kendalikan Harga Bahan Pokok
Ilustrasi sembako -- FOTO: Antara/Rudi Mulya

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel pagi ini melakukan rapat dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Asisten Operasi Kapolri Arif Wahyunadi untuk mengantisipasi dalam mengendalikan harga pangan di kantor Kemendag.

Rapat ini merupakan tindak lanjut dari rapat terbatas (ratas) tentang pengendalian harga bahan pokok jelang puasa yang dilakukan di Istana Negara bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya rapat sama Mendagri dalam persiapan tentang bahan pokok menjelang Ramadan. Ini sebagai follow up rapat yang dilakukan di Istana kemarin," ujar Rachmat ditemui di kantornya, Jalan MI Ridwan Rais No 5, Jakarta Pusat, Jumat (5/6/2015).

Ia melanjutkan, rapat bersama ini juga membahas tentang ketersediaan dan permintaan bahan pokok pada saat bulan puasa. Untuk mengantisipasi hal itu, maka pemerintah pusat siap berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menjaga agar tak terjadi ketimpangan pasokan dan kebutuhan bahan-bahan pokok.

"Bagaimana kita berkoordinasi di daerah untuk mengontrol supaya kebutuhan bahan pokok mencukupi (jelang puasa dan Lebaran)," papar Rachmat.

Ditemui di tempat yang sama, Mendagri Tjahjo mengungkapkan bahwa pemerintah daerah (Pemda), dalam hal ini Gubernur dan Wali Kota, harus bertanggung jawab terhadap stabilitas harga di daerah. Termasuk, sambung dia, menjaga distributor bahan-bahan pokok agar tetap memasok ke pasar.

"Karena menjelang puasa dan Lebaran ini, peran kepala daerah didukung oleh dinas perdagangan serta kepolisian harus clear (berkoordinasi satu sama lain)," pungkas Tjahjo.


(AHL)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

20 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /