Tips Knowledge

Bunyi Gemeretak di Rem ABS, Tandanya Rem Berfungsi Baik

Ekawan Raharja    •    05 Juni 2015 15:10 WIB
tips mobiltips motor
Bunyi Gemeretak di Rem ABS, Tandanya Rem Berfungsi Baik
Cara kerja rem ABS, ban mobil tetap bisa dikendalikan dan tidak terkunci, pertanda rem bekerja maksimal (kanan). Sementara kalo rem mengunci ban, mobil tak bisa dikendalikan (kiri). SMMT

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak yang mengira bahwa ban yang terkunci saat pedal rem ditekan menandakan rem dapat bekerja dengan pakem. Sejak sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) diaplikasikan, masih juga banyak pengemudi yang asing jika sistem bekerja.

Dadi Hendriadi, GM of Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM), membenarkan bahwa ban yang terkunci saat di rem pertanda rem bekerja dengan pakem. Namun kondisi tersebut terbilang bahaya untuk mobil.

"Saya setuju dengan rem yang dapat mengunci ban berarti kondisi rem terbilang pakem. Tapi ketika ban terkunci, ban menjadi kehilangan grip dan itu berbahaya karena kendaraan susah dikendalikan," ujar Dadi saat ditemui dibilangan Sunter Jakarta Utara.

Pria berambut plontos tersebut juga menjelaskan banyak pemilik kendaraan yang masih belum paham dengan teknologi ABS. Banyak yang mengira ketika ban masih terus berputar, pertanda ABS tidak bekerja. Padahal sebenarnya ABS sedang bekerja agar ban tidak terkunci saat pedal rem diinjak.

"ABS itu mencegah ban terkunci ketika sedang rem mendadak. Kalau ban tidak berhenti bukan berarti ABS tidak bekerja," jelas Dadi lebih jauh.

Dengan adanya ABS, kondisi ban tidak akan terkunci sehingga ban masih memiliki daya cengkram di aspal. Kondisi tersebut memungkinkan pengendara untuk mengendalikan kendaraanya lebih baik ketika sedang dalam kondisi melakukan rem mendadak menghindari objek di depannya.

Cara bekerja pistonnya dikendalikan oleh sistem komputerisasi, sehingga piston kaliper bekerja dengan cara menekan dan melepas tekanan pada cakram dengan cepat. Sistem ini akan bekerja performa penuh ketika pedal rem ditekan penuh secara tiba-tiba atau dalam pengereman tiba-tiba. Cirinya adalah biasa terdengar gemeretak dari piston kaliper rem di tiap sisi ban. Jadi ini bukan kerusakan.


(UDA)

Prediksi Thailand vs Indonesia: Memanfaatkan Tren Positif Garuda
Jelang Thailand vs Indonesia

Prediksi Thailand vs Indonesia: Memanfaatkan Tren Positif Garuda

2 hours Ago

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi tuan rumah Thailand dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia…

BERITA LAINNYA
Video /