Dahlan Iskan Dibidik soal Pembangunan 13 Gardu Induk PLN

Yogi Bayu Aji    •    05 Juni 2015 15:11 WIB
kasus korupsi
Dahlan Iskan Dibidik soal Pembangunan 13 Gardu Induk PLN
Mantan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Dahlan Iskan--Metrotvnews.com/Yogi

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Dahlan Iskan menjalani periksaan sebagai saksi di Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta. Dia dimintai keterangan dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan dan pembangunan Gardu Induk (GI) di Unit Induk Pembangkit dan Jaringan Jawa Bali, dan Nusa Tenggara PT PLN Persero tahun anggaran 2011-2013.

"Berkaitan pembangunan 21 gardu induk, yang 13 jadi masalah," kata Kepala Kejati DKI M. Adi Toegarisman di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (5/6/2015).

Dalam proyek tersebut, selaku Dirut PLN Dahlan adalah kuasa pengguna anggaran (KPA). Namun, Adi tak mau membocorkan detil hal yang dibidik penyidik dari Dahlan. "Kalau soal substansi tak bisa saya sampaikan," ucapnya.

Kasus ini berawal dari pembangunan megaproyek Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral terhadap 21 unit Gardu Induk Jawa-Bali-Nusa Tenggara yang sudah dimulai pada Desember 2011. Proyek yang mencapai Rp1,063 triliun itu belakangan diketahui justru terbengkalai.

Adi menjelaskan, Kejaksaan sudah menetapkan 15 tersangka. Satu tersangka sudah manjadi terdakwa dan disidang. Sementara, sembilan tersangka sedang dalam proses pelimpahan perkara ke pengadilan. "Nanti mungkin mudah-mudahan dilimpahkan yang sembilan. Lima (tersangka) dalam proses penyidikan," terang dia.

Seluruh tersangka dijerat dengan Pasal 2 Ayat (1) jucnto Pasal 18 UU No31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana korupsi, sebagaimana telah diubah dengan UU No20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.


(YDH)

Prediksi Thailand vs Indonesia: Memanfaatkan Tren Positif Garuda
Jelang Thailand vs Indonesia

Prediksi Thailand vs Indonesia: Memanfaatkan Tren Positif Garuda

2 hours Ago

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi tuan rumah Thailand dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia…

BERITA LAINNYA
Video /