Ini Akibat Tak Paham Pancasila

Dimas Prasetyaning    •    05 Juni 2015 15:21 WIB
Ini Akibat Tak Paham Pancasila

Metrotvnews.com, Palembang: Tidak sedikit warga negara yang tak lagi hafal dengan Pancasila. Bila hafal saja tidak, tak usah berharap banyak tentang pengamalannya. Jangan heran banyak penyelewengan.

Demikian kata Ketua Badan Sosialisasi MPR Ahmad Basarah dalam pelatihan sosialisasi empat pilar kepada seratusan orang pengajar perguruan tinggi di Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung dan Sumatera Selatan. Kegiatan berlangsung di Hotel Horizon, Palembang, Jumat (5/6/2015).

"Kita menganut demokrasi liberal, bukan demokrasi musyawarah mufakat seperti diinginkan Pancasila. Demokrasi liberal lebih menganut prinsip keuangan yang berkuasa. Maka tak heran kalau tidak sedikit kepala daerah yang terpilih dalam Pilkada terpaksa berusan dengan hukum," ujarnya.

Dampak lainnya dari proses liberalisasi ekonomi dan politik, menurut Basarah, adalah merebaknya paham Islam radikal seperti ISIS. Secara ekonomi bangsa kita dijajah oleh bangsa asing. Ekonomi pasar berkembang pesat, dan ekonomi kerakyatan ditinggalkan. 

"Generasi muda perlu diselamatkan dengan sosialisasi Pancasila, UUD '45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI," ujarnya.

 
(LHE)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

11 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /