Alat Ini Bisa Ketahui Riwayat Virus Masa Lalu

   •    06 Juni 2015 17:42 WIB
kesehatan
Alat Ini Bisa Ketahui Riwayat Virus Masa Lalu
Foto: medicaldaily.com

Metrotvnews.com: Dunia kedokteran wajib bersukacita. Alat baru telah ditemukan yang diharapkan bisa mendeteksi berbagai macam penyakit. Baik itu penyakit masa lalu maupun diagnosis penyakit yang mungkin sedang diderita.

Penggunaan alat ini juga termasuk tidak rumit, dimana hanya dengan setetes darah, maka segala penyakit akan segera diketahui.

VirScan merupakan alat temuan baru di dunia medis. Alat ini dipastikan akan sangat membantu para dokter dalam membuat diagnosis yang lebih baik. Selain itu, VirScan juga bisa dirancang untuk mempelajari kondisi seseorang seperti sindrom kelelahan kronis yang juga diduga disebabkan oleh virus.

Alat ini juga bekerja dengan melakukan screening darah untuk antibodi terhadap  206 spesies virus yang bisa menginfeksi manusia.

Para peneliti menemukan bahwa lewat sampel darah dari pasien VirScan mampu mengetahui apakah seseorang pernah terinfeksi oleh virus tertentu, termasuk HIV dan hepatitis. 

Dan hasilnya, mereka menemukan bahwa rata-rata setiap orang yang pernah terserang virus memiliki antibodi terhadap spesies-spesies virus yang berbeda. (Sumarni / daily mail)


(AWP)