Ketua MPR: Separuh Kekayaan Nasional Milik 23 Orang

Ahmad Mustaqim    •    07 Juni 2015 00:32 WIB
mpr
Ketua MPR: Separuh Kekayaan Nasional Milik 23 Orang
Ketua MPR Zulkifli Hasan di sela kegiatannya di Banda Aceh. Antara/Ampelsa

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan pemerintah belum mampu memenuhi janji kebangsaan. Janji itu di antaranya memakmurkan masyarakat Indonesia, mencerdaskan seluruh anak negeri, dan menjaga ketertiban dunia.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini mengatakan tantangan penting yang perlu dijawab saat ini adalah soal ekonomi dan kemiskinan. Dua hal tersebut merupakan bagian dari faktor penyebab belum terpenuhinya janji itu.

"Saat ini perbedaan kaya miskin sangat jauh. Separuh kekayaan nasional dimiliki 23 orang atau kelompok," kata Zulkifli saat berkunjung ke Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Yogyakarta, Sabtu (6/6/2015).

Ia menilai negara hingga saat ini lebih banyak kehilangan sumber daya alam yang justru dikuasai kelompok tertentu. Akibatnya, tantangan mengatasi masalah bangsa sulit terpenuhi. "Cita-cita memenuhi janji kebangsaan masih jauh," ucap Zulkifli.

Sebenarnya, ia menambahkan, Indonesia kaya akan sumber daya alam. Namun, hal itu masih terkendala masalah kualitas sumber daya manusia. "Kalau SDM-nya tidak cerdas, tidak bisa. Tantangan kita pendidikan," kata dia.
 


(UWA)