Jokowi Diimbau Laporkan Gratifikasi Pernikahan Gibran

Yogi Bayu Aji    •    07 Juni 2015 08:56 WIB
pernikahan anak pejabat
Jokowi Diimbau Laporkan Gratifikasi Pernikahan Gibran
Putra Putri Solo pawai becak di jalan Slamet Riyadi, Kamis (4/6) untuk mangayubago pernikahan putra sulung Gibran Rakabuming Raka den gan Selvi Ananda, mantan putri Solo yang akan dilangsungkan pada 11 Juni mendatang. (Foto: MI/Widjajadi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) diimbau untuk melaporkan gratifikasi pada pernikahan anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda. Pasalnya, acara itu juga akan didatangi sejumlah pejabat negara.

"Laporan gratifikasi pernikahan menjadi sesuatu yang rutin di KPK," kata Pelaksana Tugas Pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji kepada Metrotvnews.com, Sabtu (6/6/2015) malam.

Kendati demikian, KPK tak akan menerjunkan tim ke pernikahan Gibran untuk menangani laporan gratifikasi tersebut. "Tidak ada tim," imbuh Pakar Hukum Pidana Universitas Indonesia ini.

Putra dari mantan Ketua Mahkamah Agung Oemar Seno Adji ini juga mengingatkan agar para penyelenggara negara yang hadir dalam pernikahan Gibran tidak memberi amplop. Pasalnya, kata dia, pejabat tidak boleh menerima atau memberi sesuatu yang bisa dianggap sebagai gratifikasi.

"Larangan gratifikasi sebagai sesuatu yang imperatif (bersifat perintah). Kalau imbauan sebenarnya akan sama dengan regulasinya, karena semua penyelenggara negara tidak dibenarkan menerima apapun bentuknya yang dikategorikan sebagai gratifikasi," imbuh dia.

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yang akan menikah dengan Selvi Ananda rencananya akan menggelar resepsi di Gedung Graha Shaba Buwana Solo pada 11 Juni 2015. Acara tersebut rencananya dihadiri sejumlah tamu penting termasuk para pejabat negara.


(OGI)

Video /