Perusahaan Tiongkok Percepat Pembangunan PLTU di Manokwari

Antara    •    07 Juni 2015 09:02 WIB
energi
Perusahaan Tiongkok Percepat Pembangunan PLTU di Manokwari
PLTU (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

Metrotvnews.com, Jayapura: PT SDIC Papua Cement Indonesia (SPCI) yang berasal dari Tiongkok berkomitmen untuk mempercepat pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batu Bara di Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

General Manager PT SPCI Wang Chun Jian menyampaikan komitmen tersebut setelah pihaknya melakukan penandatanganan kontrak jual beli daya listrik dengan PT PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B).

"Setelah tanda tangan kontrak ini, kami akan mempercepat pembangunan pabrik semen dan pembangkit listrik kami, juga dari PLN akan membangun jaringan," ujarnya, di Jayapura, Minggu (7/6/2015).

Jian mengaku, pihaknya mendapat informasi dari pemerintah daerah setempat bahwa di Manokwari kekurangan semen dan listrik, dan hal itu yang mendasari perusahaannya datang dan berinvestasi di bidang tersebut. "Kami ingin secepatnya memberikan fasilitas listrik yang bagus untuk masyarakat di Manokwari dan sekitarnya," terangnya.

Kepada PLN WP2B, Jian memberikan apresiasi atas kerja sama yang telah resmi dilakukan, karena ia mengaku senang bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat di Manokwari. "Kami berterima kasih mendapat sambutan baik dari PLN untuk bekerja sama, sehingga kami boleh menjual kelebihan listrik kami kepada PLN yang dapat dipakai untuk keperluan masyarakat di Manokwari," pungkasnya.

Dalam kerja sama tersebut, PLN WP2B melakukan pembelian selama 25 tahun terhadap kelebihan daya yang dihasilkan dari PLTU Batu Bara yang dibangun PT SPCI. Kapasitas daya listrik yang dibeli mencapai 10 hingga 15 mw, dengan harga yang mengacu pada Peraturan Menteri ESDM No. 3 Tahun 2015 yaitu sebesar USD10,61 dollar per KWh.



(ABD)