Ekonomi Sulit, Para Pengusaha Thailand Ini Justru Raup Untung

   •    08 Juni 2015 08:32 WIB
orang terkaya
Ekonomi Sulit, Para Pengusaha Thailand Ini Justru Raup Untung
Charoen Sirivadhanabhakdi. FOTO: FORBES

Metrotvnews.com, Bangkok: Kekeringan ekonomi yang melanda Thailand serta terjadinya kudeta militer tahun lalu ternyata tidak sepenuhnya membawa musibah bagi para pengusaha. Di tengah kondisi tersebut, pendapatan dan laba perusahaan Bir Chang, Thai Beverage, justru meroket dua digit pada kuartal terakhir.

Seiring harga sahamnya yang terus naik, Sang Pemilik Thai Beverage, yakni Charoen Sirivadhanabhakdi juga dinobatkan sebagai orang terkaya nomor dua di Negeri Gajah Putih dengan kekayaan bersih mencapai USD13 miliar. Posisi ini naik satu peringkat dari tahun sebelumnya.

Tak puas, pengusaha berusia 71 tahun itu berencana melipatgandakan pendapatan ThaiBev menjadi USD10 miliar pada 2020 di mana separuhnya berasal dari pasar luar negeri. Hal itu tidak mudah mengingat Charoen harus berhadapan dengan pajak baru dari pemerintah dan pembatasan penjualan alkohol.

Pengusaha lain yang juga sukses di pasar luar negeri ialah Dhanin Chearavanont. Kekayaan bersih Raja Agrobisnis itu naik 25 persen, yakni sekira USD 2,9 miliar. Demikian, seperti dikutip dari laman Forbes, Senin (8/6/2015).

Setelah tergelincir ke peringkat dua pada tahun lalu, Dhanin yang harus berbagi keberuntungan dengan tiga saudaranya kembali berada di posisi puncak orang terkaya di Thailand. Hal ini tidak terlepas dari peningkatan saham perusahaan asuransi China Ping An Insurance yang dibelinya pada 2013.

Selain itu, investor yang membanjiri sektor energi terbarukan membuat Somphote Ahunai selaku pemilik saham Energi Absolute menjadi miliarder. Somphote meraih lonjakan tertinggi untuk kekayaan bersih sehingga berhasil naik 15 tingkat dan berada di urutan 24 untuk orang terkaya di Thailand.

Tak berbeda dengan pencapaian Nijaporn Charanachitta dan Premchai Karnasuta. Pembangunan infrastruktur membuat dua bersaudara itu kembali masuk dalam jajaran orang terkaya di Thailand setelah tahun lalu terpaksa terdepak dari daftar.

Sepertinya 2015 juga menjadi tahun keberuntungan bagi tiga dari enam pendatang baru yang mengubah perusahaan mereka terbuka untuk publik dan berhasil masuk dalam daftar orang terkaya di Thailand. Contohnya salah seorang pendiri minuman energi produser Carabao Group, yakni Sathien Sethasit dan Chatchai Kaewbootta dari Srisawad Daya 1979 yang menawarkan kredit mikro terutama terhadap mobil dan motor. (Margaret Puspitarini/MTVN)


(AHL)