Dua Cara Pemerintah Kendalikan Harga Tanpa Impor

Husen Miftahudin    •    08 Juni 2015 09:30 WIB
impor
Dua Cara Pemerintah Kendalikan Harga Tanpa Impor
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (ANTARA FOTO/Herry Murdy Hermawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menegaskan, jelang puasa dan Lebaran pemerintah tak akan melakukan impor untuk mengendalikan harga. Impor merupakan pilihan terakhir jika upaya-upaya yang dilakukan pemerintah tak mampu kendalikan harga pasar.

Ia menjelaskan, ada dua upaya yang dilakukan oleh pihaknya yang bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog). Ia meyakini, dengan dua cara ini pemerintah mampu mengendalikan harga bahan-bahan pokok yang selalu naik akibat ulah para spekulan.

"Maka itu, kami bangun skenario bersama Mendag dan Bulog. Pertama, memantau harga selama dua hari sekali karena produksi kita aman, pastikan harga di lapangan stabil," ungkap Amran, saat meninjau stok ketersediaan pangan dalam rangka hari-hari besar keagamaan di Pasar Induk Kramat Jati, Jalan Raya Bogor KM 17, Jakarta Timur, Senin (8/6/2015).

Sedangkan langkah kedua adalah membuka pasar-pasar murah di tempat yang harga bahan-bahan pokoknya lebih tinggi. Hal ini merupakan cara efektif dengan langsung menyasar pada tempat yang menunjukkan harga lebih tinggi untuk mengendalikan harga.

"Contoh di Pasar Terong, Sulawesi Selatan. Itu harga bawang merah di atas Rp30 ribu lebih. Langsung kami kontak produsennya di Janeponto. Setelah itu, harga langsung turun hingga Rp3.000 hanya dalam satu hari," ujar Amran.

Dengan begitu, maka dia meyakini bahwa harga kebutuhan pokok akan terkendali. Kondisi tersebut yang meyakinkan pemerintah untuk tidak melakukan impor. "Ini harus kita cek terus menerus dan kita harus buka pasar murah. Kalau beras, lakukan operasi pasar," pungkas Amran.


(ABD)


Timnas Bertekad Akhiri Catatan Buruk di Stadion Rajamangala

Timnas Bertekad Akhiri Catatan Buruk di Stadion Rajamangala

56 minutes Ago

Timnas Indonesia bertekad mencuri poin penuh saat bertandang ke markas Thailand pada laga ketig…

BERITA LAINNYA
Video /