Jumlah Imigran Gelap yang Ditampung Italia Capai 50 Ribu

Willy Haryono    •    08 Juni 2015 10:58 WIB
imigran gelap
Jumlah Imigran Gelap yang Ditampung Italia Capai 50 Ribu
Ratusan imigran gelap yang diselamatkan berada di pelabuhan Augusta, Sicily, Italia, Minggu (7/6/2015). AFP / GIOVANNI ISOLINO

Metrotvnews.com, Sicily: Pemerintahan wilayah utara Italia menegaskan tidak bisa lagi menampung kedatangan imigran gelap yang diselamatkan dari Laut Mediterania. 

Sejak awal 2015 hingga saat ini, jumlah imigran gelap yang berusaha mencapai Eropa dan ditampung di Italia telah mencapai lebih dari 50 ribu. Salah satu alasan penolakan adalah membengkaknya biaya penanganan imigran. 

Kepala daerah Lombardy, Roberto Maroni, berencana menulis surat kepada sejumlah wali kota agar tidak lagi menerima imigran gelap yang dialokasikan pemerintah pusat. Wali Kota yang tidak mengikuti aturan ini akan mendapat hukuman berupa penarikan dana. 

"Kami tidak akan menerima lebih banyak imigran gelap lagi," tutur Giovanni Toti, presiden baru wilayah Liguria, seperti dikutip AFP

Luca Zaia, presiden wilayah Veneto, menyebutkan wilayah seperti Venice telah "menjadi seperti bom waktu yang siap meledak. Ketegangan sosial (akibat banyaknya imigran) di sana benar-benar gila."

Minggu kemarin, kapal angkatan laut Inggris HMS Bulwark menyelamatkan lebih dari 1000 imigran dari perairan antara Libya dan Italia. Sedikitnya 10 wanita hamil berada dalam deretan imigran itu. 

Penjaga pantai Italia melaporkan 2371 orang diselamatkan di Mediterania pada Minggu dan 3480 sehari sebelumnya. 



(WIL)