40% Gedung di Jakarta tak Penuhi Syarat Sistem Proteksi Kebakaran

Intan fauzi    •    08 Juni 2015 13:15 WIB
kebakaran
40% Gedung di Jakarta tak Penuhi Syarat Sistem Proteksi Kebakaran
Hampir separuh dari ribuan gedung di Jakarta tak penuhi syarat sistem proteksi kebakaran--Foto: Metrotvnews.com/Kris Wijayanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Gedung-gedung tinggi di Jakarta wajib memenuhi syarat sistem proteksi kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran. Sejauh ini, dari ribuan gedung yang memenuhi syarat sekitar 60 persen. Sementara hampir separuhnya belum memenuhi syarat. 

“Kurang lebih kisaran mencapai 60-70% memenuhi syarat dari ribuan gedung yang ada di Jakarta,” kata Kepala Seksi Partimnas Dinas PKPB DKI Jakarta, Saipuloh, kepada Metrotvnews.com di kantornya Jalan K.H. Zainul Arifin, Jakarta Pusat, Jumat (5/6/2015).

Setiap gedung, lanjut Saipuloh, harus memiliki sistem proteksi kebakaran aktif dan pasif. “Sebuah gedung harus memenuhi sistem proteksi yang andal atau memenuhi syarat," jelas dia.

Minimal gedung itu terpasang sistem proteksi kebakaran, pasif maupun aktif. "Contohnya sistem proteksi kebakaran aktif terpasang hydrant kebakaran, sistem alarm kebakaran, sprinkler” jelasnya.

Di samping itu, sistem proteksi kebakaran yang dimiliki gedung-gedung harus berkualitas andal. Saat ini, sistem proteksi kebakaran yang dimiliki oleh gedung-gedung masih beragam kualitasnya.

“Nah ketentuan itu harus dipenuhi setiap gedung. Saat ini beraneka ragam. Ada gedung yang sudah memenuhi syarat atau andal, dan ada juga yang masih kurang atau tidak memenuhi syarat,” tandas Saipuloh.

Gedung yang memenuhi syarat akan memiliki sertifikat atas sistem proteksi kebakaran yang laik. “Kalau yang memenuhi syarat nanti akan diberikan sertifikat laik fungsi atau gedung ini sudah memenuhi syarat tentang keselamatan kebakaran,” imbuh Saipuloh.

“Tapi yang tidak memenuhi syarat itu akan kita buatkan satu catatan. Sistem proteksinya perlu diperbaiki. Catatan itu yang akan kita berikan ke pengelola gedung,” sambungnya.


(MBM)


Nostalgia Kiper Klub Liga Inggris di Piala AFF 2018
Piala AFF 2018

Nostalgia Kiper Klub Liga Inggris di Piala AFF 2018

10 minutes Ago

Kembalinya Etheridge ke Piala AFF ditandai dengan hasil positif. Filipina berhasil meraih kemen…

BERITA LAINNYA
Video /