Diancam Pedagang Tembakau Indonesia, Perancis Takut Anggurnya Terganggu

LB Ciputri Hutabarat    •    09 Juni 2015 12:54 WIB
demo massarokok
Diancam Pedagang Tembakau Indonesia, Perancis Takut Anggurnya Terganggu
Foto: MTVN/LB Ciputri Hutabarat.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kedutaan Besar Perancis menerima dua perwakilan Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) yang berunjuk rasa di kantor Kedubes Perancis. Mereka menolak pemberlakukan bungkus rokok polos. Dari hasil pertemuan diketahui, Perancis takut penjualan anggur (wine) mereka terganggu di Indonesia.
 
Salah satu perwakilan yang masuk, Wakil Ketua Dewan Nasional APTI Suryana mengatakan, Perancis takut omzet wine mereka di Indonesia, anjlok jika APTI memberlakukan 'lain packaging' (kemasan polos) pada produk wine asal Perancis.
 
"Mereka takut anggurnya (wine) terganggu. Di Indonesia banyak peminatnya," kata Suryana di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (9/6/2015).
 
Karena masih dalam tahap perumusan, Suryana yakin rencana penerapan kemasan rokok polos dapat dibatalkan. Sebab, Perancis tak ingin petani anggurnya merugi.
 
"Mereka masih menggodok kebijakannya, jadi bisa saja dibatalkan. Mereka mengharapkan yang sama-sama untung," kata petani tembakau asal Sumedang itu.
 
Demo ini dihadiri ratusan massa petani dari Jawa Barat dan Jawa Tengah sejak pukil 11.00 WIB di depan Kantor Kedubes Perancis. Demo diisi dengan teatrikal yang menggambarkan ruginya petani tembakau Indonesia jika kebijakan bungkus rokok polos diterapkan.
 
Sebelumnya, Australia juga menerapkan aturan kemasan rokok polos terhadap produk tembakau asal Indonesia. Saat ini Australia sedang menghadapi tuntutan hukum di tingkat arbitrase World Trade Organization (WTO).

Tuntutan tersebut diajukan oleh Indonesia dan empat negara lainnya, yaitu Ukraina, Honduras, Republik Dominika, dan Kuba. Kelima negara menilai, kemasan polos produk tembakau tidak sejalan dengan aturan perdagangan internasional.
(FZN)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

12 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /