Negara Berkembang Lebih Sadar Beralih dari Pertumbuhan Cokelat ke Hijau

Suci Sedya Utami    •    09 Juni 2015 13:44 WIB
investasi hijau
Negara Berkembang Lebih Sadar Beralih dari Pertumbuhan Cokelat ke Hijau
World Bank Group Managing Director Sri Mulyani saat menjadi pembicara di Indonesia Green Infrastructure Summit 2015. FOTO: MI/IMMANUEL

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Dunia menyoroti dan mendukung pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan bagi lingkungan, bukan hanya pertumbuhan ekonomi yang hanya mengandalkan kuantitas tanpa kualitas.

Demikian dikatakan Direktur Pelaksana Bank Dunia Sri Mulyani dalam lawatannya ke Indonesia sebagai pembicara pada acara Indonesia Green Infrastruktur Summit 2015, di Jakarta, Selasa (9/6/2015).

"Satu pembelajaran paling penting bagi ahli pembangunan, pembuat kebijakan, dan lembaga-lembaga seperti Bank Dunia yakni jika ingin berhasil mengentaskan kemiskinan, tidak bisa hanya mengandalkan pertumbuhan ekonomi saja," tuturnya di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Selatan.

Dalam bahasa sederhana, dirinya menerjemahkan, sukses pertumbuhan akan sangat bergantung pada bagaimana suatu negara tumbuh, bukan seberapa besar negara tumbuh. Untuk itu, dalam mencapai pertumbuhan inklusif yang ramah lingkungan, diperlukan kemauan selain adanya kesempatan untuk beralih pada proyek-proyek infrastruktur yang bersih.

Dengan mengupayakan infrastruktur hijau pada saat ini, tentunya dapat memberikan manfaat selama beberapa dekade ke depan. Sri bahkan menyebut, kesadaran negara berkembang untuk menerapkan investasi hijau bahkan lebih tinggi dibanding negara maju.

"Negara-negara berkembang justru lebih dulu melompat dari pertumbuhan yang 'cokelat atau korot', ke pertumbuhan 'hijau'," ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan, Bank Dunia menyambut baik semua upaya proyek-proyek yang bankable dan menarik bagi para investor dan manfaatnya dapat dinikmati oleh semua warga negara.


(AHL)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

12 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /