Pemerintah Korsel Bertekad Akhiri Wabah MERS Pekan Ini

Willy Haryono    •    09 Juni 2015 14:03 WIB
virus mers
Pemerintah Korsel Bertekad Akhiri Wabah MERS Pekan Ini
Petugas memeriksa tamu yang hendak memasuki Kementerian Pertahanan Korsel di Seoul, Selasa (9/6/2015). AFP / JUNG YEON-JE

Metrotvnews.com, Seoul: Pemerintah Korea Selatan berusaha keras menangani wabah virus Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS), yang hingga sejauh ini telah menewaskan tujuh orang. 

Ini adalah wabah MERS terburuk yang pernah terjadi di luar Arab Saudi. 

"Kekhawatiran publik semakin meningkat atas imbas negatif wabah MERS terhadap kehidupan masyarakat dan perekonomian negara," ujar Perdana Menteri sementara Choi Kyung-hwan, dalam pertemuan dengan sejumlah petinggi kesehatan. 

"Jadi, kami memutuskan untuk meluncurkan respon aktif secara maksimal dengan tujuan mengakhiri krisis MERS dalam sepekan ini," sambung Choi, yang juga menjabat Menteri Keuangan Korsel, seperti dilansir AFP, Selasa (9/6/2015). 

Kementerian Kesehatan Korea Selatan melaporkan kematian ketujuh dari wabah MERS. Dilaporkan pula adanya delapan kasus baru, yang menjadikan total infeksi di Negeri Gingseng mencapai 95. 

Kematian ketujuh di Korsel adalah pasien wanita 68 tahun yang juga mengidap penyakit jantung. Ia meninggal dunia di ruang gawat darurat di sebuah rumah sakit di Seoul. 

Seperti dilansir Reuters, tiga kasus terbaru juga muncul di rumah sakit yang sama. 

Semua infeksi MERS di Korsel sejauh ini terjadi di lingkungan rumah sakit, yakni menular antar pasien, staf rumah sakit dan keluarga mereka masing-masing.

Sebanyak 2.500 warga Korsel telah dikarantina, dan sekitar 1.900 sekolah telah ditutup.

Menurut data PBB, wabah MERS di Korsel menjadikan total jumlah kasus virus ini secara global mencapai 1.244, dengan 446 kematian. 



(WIL)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /