Pemerintah akan Siapkan Rumah Murah untuk Buruh dan Nelayan

Wanda Indana    •    09 Juni 2015 15:02 WIB
perumahan
Pemerintah akan Siapkan Rumah Murah untuk Buruh dan Nelayan
Kompleks perumahan di kawasan Tangerang, Banten.ANT/M. Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah berikhtiar membangunkan rumah murah untuk buruh dan nelayan. Pengadaannya akan digabung dalam program satu juta rumah.

"Tidak hanya PNS, tapi juga buruh. Rumah murah bagi nelayan yang sudah diprogramkan oleh Presiden," kata Mendagri Tjahjo Kumolo di Kemendagri, Jalan Medam Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (9/6/2015).

Menteri Tjahjo memastikan sudah mengutus kepala daerah mempercepat dan membantu mewujudkan pembangunan program rumah murah bagi masyarakat.


Tjahjo Kumolo (batik coklat) mendapat penjelasan tentang maket rumah.ANT/Audy Alwi

"Program 1 juta rumah akan kami arahkan kebeberapa daerah. Kepala daerah bisa mempercepat dan membantu kalau sudah ada gambaran dan tanah. Syaratnya tak jauh dari kota," terang Mendagri.

Banyak lahan telah disediakan pemerintah daerah, tapi kebanyakan belum memenuhi syarat. Lokasinya tidak strategis.

"Infrastruktur jalan belum ada. Nanti ada tim terpadu BTN, REI, dan sebagainya, untuk mencari lahan yang tidak jauh dari perkotaan," tambah dia. "Kita akan cari terus yang benar-benar sudah siap (lahannya)."


Rumah murah untuk masyarakat berpenghasil rendah.MI/Syarul Karim

Presiden Joko Widodo meluncurkan program pembangunan satu juta rumah pada akhir April 2015. Uang muka (down payment/DP) program ini terbilang sangat rendah: 1 persen dari total harga. DP rumah komersial sekitar 20-30 persen.

Bunga kredit kepemilikan rumah pun tergolong minim: 5 persen dari sebelumnya 7,5 persen. Tenor kredit maksimal 20 tahun dengan angsuran antara Rp500 ribu-Rp600 ribu per bulan.


(ICH)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /